Find Us On Social Media :

Penjelasan Dokter Tentang Kesehatan Janin pada Ibu Hamil yang Mengidap Penyakit Lupus

By Annisa Suminar, Jumat, 11 Mei 2018 | 13:12 WIB

Penyakit Lupus

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Suminar

Grid.ID - Bagi wanita, kehamilan merupakan salah satu hal yang paling diinginkan, apalagi untuk pasangan yang baru menikah.

Bagi wanita yang baru mengalami masa kehamilan pertama, pasti timbul rasa khawatir, apalagi bagi ibu yang memiliki penyakit tertentu.

Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah ibu hamil yang mengidap penyakit lupus.

(Baca juga: 12 Gejala Penyakit Lupus Sering Dianggap Sepele Namun Berisiko Bagi Kesehatan)

Namun, sangat penting untuk dipahami jika kehamilan tidak berdampak negatif bagi janin ataupun wanita yang mengidap lupus, selama lupusnya terkendali.

"Lupus aktif pada wanita yang hamil itu memang kemungkinan untuk terjadi perburukan dari lupusnya lebih besar, tetapi pada kondisi ini tetap diobati harus dikendalikan, apalagi untuk ibunya terutama," ungkap dr. Sumariyono, SpPD-KR, Divisi Reumatologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM , saat ditemui di Kementerian Kesehatan Dikjen P2PTM, Jakarta pada Selasa (08/04).

(Baca juga: Peringati Hari Lupus Sedunia, Ini Cerita Selena Gomez Jalani Pengobatan Hingga Harus Transplantasi Ginjal)

Lebih lanjut dokter Sumariyono menambahkan, wanita hamil yang terkena lupus juga harus mengonsumsi obat yang baik bagi ibu dan tidak beracun bagi sang anak "Dan, juga memberikan obat-obatan yang tidak toksik untuk bayi. Ada obat-obatan yang yang lain yang bisa diberikan relatif aman pada bayi selama masa kehamilan," papar dokter Sumariyono pada Stylo Grid.ID.

Tapi, ia juga tidak memungkiri bahwa ada bahaya yang mengancam pada ibu hamil yang terkena lupus.

(Baca juga: Ternyata Ini Alasan di Balik Selena Gomez Lakukan Transplantasi Ginjal Karena Lupus, Penyakit yang 90% Diderita Perempuan)

Salah satunya adalah akan menyebabkan kematian pada bayi.