Find Us On Social Media :

Mengagumkan! Selama 6 Dekade 'Pria dengan Lengan Emas' Ini Melakukan Donor Darah dan Menyelamatkan 2,4 Juta Bayi di Australia

By Septiyanti Dwi Cahyani, Minggu, 13 Mei 2018 | 12:12 WIB

James Harrison si Pria dengan Lengan Emas

Grid.ID - Namanya James Harrison.

Pada tahun 1951, bocah yang berasal dari Australia ini baru saja menjalani operasi dada besar.

Dokter telah mengangkat salah satu paru-parunya yang berlangsung selama berjam-jam dan mengakibatkan dirinya dirawat di rumah sakit selama tiga bulan.

Beruntung, setelah operasi itu Harrison mendapatkan transfusi darah dalam jumlah yang cukup banyak yang kemudian membuat Harrison masih tetap bertahan hidup sampai saat ini.

"Dia mengatakan bahwa saya mendapat 13 unit darah dan hidup saya telah diselamatkan oleh orang-orang yang tidak dikenal", kata Harrison.

Saat itu, undang-undang Australia mengharuskan usia pendonor minimal adalah 18 tahun.

Namun sayangnya, saat itu usia Harrison baru 14 tahun.

BACA JUGA Istri Gantikan Suami yang Sakit Jadi Driver Ojek Online, Perjuangannya Buat Pelanggan Terharu

Harrison kemudian bersumpah bahwa dia juga akan menjadi pendonor darah ketika ia sudah cukup umur nanti.

Setelah berusia 18 tahun, Harrison menepati janjinya dan benar-benar menyumbangkan darah secara teratur di Layanan Darah Palang Merah Australia.

Meski ia tidak menyukai jarum, Harrison tetap melakukan hal itu dengan mengalihkan pandangannya dan mencoba mengabaikan rasa sakit setiap kali ia melakukan donor darah.

Sementara itu, para dokter di Australia berjuang untuk mencari tahu mengapa ribuan kehamilan di negara itu berujung keguguran, kematian bayi yang baru lahir atau kelainan pada otak bayi.