Find Us On Social Media :

Kereta Api Solo Express Resmi Beroperasi, Inilah Rute dan Jadwalnya

By Alfa Pratama, Kamis, 17 Mei 2018 | 15:18 WIB

KA Solo Express

Grid.ID - Setelah menunda peresmiannya, akhirnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan pengoperasian Kereta Api (KA) Solo Express, yang ditandai pemotongan bunga dan pemecahan kendi di Stasiun Balapan, Solo, Kamis (17/05/2018) 

KA Solo Express diresmikan langsung oleh Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) Zulfikri, dan segenap pejabat penting.

KA Solo Express akan melayani rute Solo Yogyakarta-Kutoarjo dan sebaliknya sebanyak 2 perjalanan dalam sehari. Yakni pada pukul 8.40 dan 15.40 WIB. Sedangkan dari Kutoarjo KA Solo Express akan berangkat pukul 11.15 dan 18.25 WIB.

Selama empat hari, yakni 17 hingga 20 Mei 2018, PT KAI menggratiskan tiket Kereta Api (KA) jurusan Solo Balapan-Kutarjo.

Baca juga : Terungkap, Stasiun Kereta Bawah Tanah di Korea Utara, Berada di Kedalaman Tanah 100 MeterMulai 21 Mei 2018, penumpang yang hendak gunakan transportasi KA Express ini perlu keluarkan uang Rp 30 ribu untuk rute Solo-Yogyakarta dan Rp 40 ribu untuk rute Solo-Kutoarjo.Bagi masyarakat yang ingin menggunakan KA baru dapat naik di stasiun-stasiun pemberhentiannya sesuai jadwal keberangkatan KA.Satu trainset KA Solo Ekspres dengan jenis Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) ini terdiri dari empat kereta dengan kapasitas total 393 orang penumpang duduk dan berdiri.Selama kurang lebih 2 jam perjalanan dari Stasiun Solobalapan ke Stasiun Kutoarjo, penumpang dapat menikmati fasilitas berupa pendingin udara, TV, stop kontak, dan toilet di KA ini.KA ini juga mengakomodir penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area untuk penumpang berkursi roda di kereta.

Baca juga : Berangkat 25 Detik Lebih Awal dari Jadwal Keberangkatan, Perusahaan Kereta Api di Jepang Minta Maaf