Find Us On Social Media :

5 Tips Puasa Tetap Produktif dan Sehat dari Dokter Spesialis Gizi

By Dinda Tiara Alfianti, Jumat, 18 Mei 2018 | 10:08 WIB

Tips memilih jenis makanan dan minuman saat puasa agar badan tetap sehat.

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Perubahan pola makan di bulan Ramadhan, dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari saat sahur dan berbuka, seiringkali menimbulkan bahwa kamu makan lebih sedikit dari biasanya.

Akibatnya, kamu cenderung lebih merasa lemas dan mengakibatkan kamu menyantap porsi makanan berlebihan ketika berbuka puasa

Nah, untuk menghindari masalah tersebut kali ini Grid.ID punya 5 tips memilih makanan yang dianjurkan oleh dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, seorang dokter spesialis gizi klinik agar kamu tetap fit dan produktif saat berpuasa.

(Baca juga: Cegah Jerawat Hingga Perpanjang Usia, Ini 3 Manfaat Penting Berpuasa)

1. Hindari kafein dan minuman manis"Yang pertama adalah hindari konsumsi kafein, serta makanan dan minuman manis secara berlebihan," ungkap dr. Jovita yang ditemui Grid.ID pada acara #PuasaSehat bareng Halodoc beberapa waktu yang lalu.

Hal ini karena saat berbuka puasa, rasa ingin terhadap makan manis cenderung akan meningkat karena banyaknya varian menu takjil yang tersedia.

(Baca juga: Andalan Menu Buka Puasa, Mana yang Lebih Bergizi, Kolak Atau Es Buah?)

2. Perhatikan jenis karbohidrat yang dikonsumsi"Untuk pemenuhan kebutuhan energi, pilih karbohidrat kompleks agar tubuh merasa lebih lama kenyang saat berpuasa," jelasnya.

Dr. Jovita juga menjelaskan bahwa makanan dengan karbohidrat kompleks biasanya berasal dari makanan berbahan gandum, buah-buahan seperti pisang, serta umbi-umbian.

(Baca juga: Ini Menu Andalah Jefry Nichol Saat Buka Puasa )