Find Us On Social Media :

Dijuluki sebagai Pemimpin ISIS Indonesia, Ini Dosa Terberat Terpidana Mati Aman Abdurrahman

By Elizabet Ayudya, Jumat, 18 Mei 2018 | 15:13 WIB

Oman Rochman Alias Aman Abdurrahman

Laporan Wartawan Grid.ID, Elizabeth Ayudya RR

Grid.ID - Oman Rochman atau yang lebih dikenal dengan nama Aman Abdurrahman, terdakwa bom Thamrin dijatuhi hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum di Pengandilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (18/5).

Aman dianggap sebagai dalang yang bertanggung jawab atas aksi teror di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, 14 Januari 2016.

"Menuntut supaya majelis hakim menjatuhkan pidana kepada terdakwa Oman Rochman alias Aman Abdurrahman alias Abu Sulaiman dengan pidana mati," ujar jaksa Anita Dewayani membacakan tuntutan, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (18/5/2018).

Dikutip dari Kompas.com, Aman terbukti secara sah melakukan tindak pidana merencanakan dan menggerakkan orang lain atau kelompok untuk melancarkan aksi terorisme.

BACA:Hati-hati, Minuman Bersoda Berbahaya Buat Kesuburan loh, Begini Penjelasannya!

Teror yang digerakan Aman dinilai menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut terhadap orang secara meluas atau menimbulkan korban yang bersifat massal.

Caranya yakni dengan merampas kemerdekaan atau hilangnya nyawa dan harta benda orang lain, atau mengakibatkan kerusakan atau kehancuran terhadap obyek-obyek vital yang strategis atau lingkungan hidup atau fasilitas publik atau fasilitas internasional.

Sebelum kasus bom Thamrin, Aman diketahui menjadi dalang dari beberapa aksi teror.

Aman diduga menjadi otak pelemparan bom ke Gereja HKBP Oikumene, Samarinda, pada 13 November 2016, aksi bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu, 24 Mei 2017, hingga penembakan terhadap personel Kepolisisan di Bima, NTB, pada September 2017.

BACA:Heboh Kalimat Suci Umat Islam Tertera di Tutup Botol Bir, Ternyata Begini Asal Muasalnya

Menariknya, Aman mendalangi aksi-aksi teror tersebut dari balik jeruji besi.