Find Us On Social Media :

Masih Nggak Pede dengan Bau Mulut Saat Berpuasa? Coba Tips dari Pakar

By Dinda Tiara Alfianti, Senin, 21 Mei 2018 | 12:36 WIB

Atasi bau mulut saat berpuasa

Laporan Wartawan Grid.ID,Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Masalah bau mulut tak sedap nampaknya menjadi permasalahan klasik yang kerap dialami saat menjalankan ibadah puasa.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab dari timbulnya bau tak sedap tersebut, seperti gigi yang berlubang, hingga cara membersihkan mulut yang kurang di saat puasa.

Nah, untuk menghindari masalah tersebut, kali ini Grid.ID punya tips dari Dokter Spesialis Ortodonti sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Nada Ismah yang memberikan tips untuk menghindari bau mulut tak sedap saat berpuasa.

(Baca juga: Segera Tambahkan ke Menu Sahurmu, Ini Dia Deretan Makanan yang Bisa Perangi Bau Mulut Saat Puasa)

"Sebenarnya baik saat puasa ataupun tidak, cara menjaga kebersihan mulut hampir sama. Yang terpenting adalah menjaga jangan sampai ada sisa makanan yang terselip," ungkap Nada yang ditemui Grid.D dalam acara peluncuran Sasha Halal Tootpaste, Jumat (18/05), di All Seasons Thamrin Hotel, Jakarta.

Nada juga menjelaskan bahwa sisa makanan yang tertinggal pada gigi dapat menjadi faktor utama timbulnya kuman yang membuat gigi membusuk.

Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya kamu menyikat gigi setiap sebelum tidur dan sesudah makan.

(Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Biar Kamu Nggak Bau Mulut Saat Berpuasa!)

Karena bukan hanya meninggalkan sisa makanan, namun dikhawatirkan aliran saliva menurun pada saat tidur.

Tak hanya itu, untuk membuat mulut sehat saat puasa, Nada juga menyarankan untuk pergi ke dokter gigi untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan mulut saat menghadapi bulan Ramadhan.