Find Us On Social Media :

Pulang Kampung Bawa Mobil Sendiri? Ini 10 Tips Mudik Cerdik Berkendaraan Lancar di Jalan!

By Al Sobry, Minggu, 3 Juni 2018 | 14:51 WIB

Pulang Kampung Bawa Mobil Sendiri? Ini 10 Tips Mudik Cerdik Berkendaraan Lancar di Jalan!

Grid.ID – Persiapan hari ini menentukan mudik yang sukses lho! Yap, beberapa hari jelang lebaran, kita sudah harus memersiapkan kebutuhan mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga besar.

Seperti penjelasan kata “Mudik” yang berasal dari singkatan kata bahasa Jawa ‘Mulih Dhisik’ atau pulang sebentar ke kampung halaman, kota, atau negara asal.

Tentunya setiap tahun, mudik menjadi salah satu tradisi khas Lebaran di Indonesia.

Nah, jika melihat data Kementerian Perhubungan diperkirakan pada tahun ini bakal ada 12,24 juta kendaraan pribadi yang akan digunakan sebagai kendaraan mudik tahun ini.

Seiring berjalannya waktu, ternyata pemudik Indonesia masih memilih menggunakan kendaraan pribadi mereka untuk pulang ke kampong halaman dengan berbagai alasannya.

BACA JUGA: Jangan Lupa Periksa Kartu e-Toll Sebelum Mudik, Takut Ada yang Rusak

Tentu mengendari mobil saat mudik tak semudah melewqati lalulintas saat berangkat ke kantor atau ke rumah teman di perkotaan. Perlu sedikit persiapan agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman.

Tenang, dari siaran pers Lazada yang diterima Grid.ID, setidaknya ada 10 tips mudik cerdik buat yang berkendaraan mobil sendiri, cermati ya!

1. Periksa kondisi kendaraan

Sudah menjadi hal utama dan paling penting dilakukan orang sebelum mudik adalah memeriksa kondisi kendaraan terlebih dulu.

Sebaiknya jangan mepet, lakukan cek mobil atau motor ke bengkel terdekat satu atau dua minggu sebelum lebaran untuk menghindari antrean.

Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik untuk jarak perjalanan ke kampong Anda.

Nah, untuk mobil, usahakan periksakan mesin, rem, oli, air bag dan roda. Adapun untuk motor, cek kembali mesin, rem dan ban motornya.

 

2. Gunakan oli mesin yang tepat

Salah satu bagian penting dari mobil yang harus dicek sebelum perjalanan jauh adalah oli mesin. Oli mesin merupakan salah satu komponen penting di mobil yang dapat habis masa pemakaiannya.

Memilih dan menggunakan oli mesin yang terbaik selama mudik dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap kerusakan mesin dan menghindari hal-hal yang tidak diingingkan selama macet di jalan.

Penggunaan oli yang tepat juga dapat mengurangi gesekan pada mesin. Hal ini juga dapat menekan penggunaan bahan bakar, sehingga Anda dapat menghemat biaya pengeluaran selama mudik.

Selama bulan suci Ramadan, ada promo dari MobilTM Official Store di Lazada yang menyediakan rangkaian oli berperforma tinggi dengan berbagai promo.