Find Us On Social Media :

Survei Seputar Tren Ramadhan dan Lebaran 2018 yang Populer di Media Sosial

By Annisa Suminar, Selasa, 5 Juni 2018 | 12:56 WIB

perusahaan analisis media, yakni Isentia, baru-baru ini melakukan riset seputar hal-hal yang menjadi populer selama bulan Ramadhan ini.

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Suminar

Grid.ID - Di era digital seperti saat ini, media sosial bukanlah hal yang asing bagi sebagian orang.

Bahkan, sosial media memiliki berperan aktif dalam menyebarkan suatu berita dan juga tren terkini.

Sebuah perusahaan analisis media, yakni Isentia, baru-baru ini melakukan riset seputar hal-hal yang menjadi populer selama bulan Ramadhan ini.

Isentia melakukan riset ini melalui sosial media seperti facebook, twitter, instagram serta forum komunitas.

(Baca juga: 5 Alasan Media Sosial Benar-benar Merusak Kebahagiaan Seseorang)

"Kami melakukan riset sejak Januari 2018, dan riset ini diambil dari percakapan sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan forum seperti kaskus dan lainnya. Cuma di sini twitter masih menjadi media yang paling banyak digunakan, yakni 68,5%" ucap Rendy Ezra, selaku Insight Manager Isentia saat ditemui Stylo Grid.ID di Union Space, Jakarta, pada Kamis (31/05).

Dalam hal ini terdapat dua hal yang marak diperbincangkan di sosial media, yakni juga makanan berbuka puasa dan transportasi mudik.

(Baca juga: Agnez Mo Prihatin Banyak Millennial yang Bergantung pada Media Sosial)

Makanan Berbuka PuasaBerdasarkan riset yang dilakukan oleh Isentia sejak Januari hingga Mei 2018 ini makanan yang paling populer diperbincangkan untuk buka puasa adalah kurma.

Pembahasan seperti manfaat kurma dan macam-macam kurma disosial media menjadi tren semenjak bulan Ramadhan ini.

"Selama puasa, di sosial media itu kurma paling banyak diperbincangkan, hasil risetnya kurma mencapai 41%." ucap Rendy.

Selain kurma, makanan yang paling banyak diminati dan diperbincangkan adalah gorengan, kolak serta lontong.

"Kalau gorengan mencapai 37%, kolak 17% dan lontong 5%. Hasil ini tentu kita dapat dari hasil monitoring sosial media," tambahnya.

(Baca juga: Kembangkan Karier dengan Media Sosial, Gimana ya Caranya?)

Transportasi MudikMudik menjadi salah satu hal yang identik selama puasa dan juga lebaran.

Perbincangan soal mudik juga sudah mulai dilakukan bahkan sebelum bulan Ramadhan datang.

Mulai dari arus mudik, harga tiket, lalu lintas dan sebagainya.

Menurut pantauan riset Isentia, selain makanan untuk berbuka, transportasi mudik juga menjadi topik yang paling sering dibahas.

Hasil riset ini menunjukkan bahwa mobil masih menjadi dominan yang dipilih oleh masyarakat untuk mudik.

"Dari sosial media, ternyata banyak orang yang membahas mobil sebagai moda transportasi untuk mudik," kata Rendy kepada Stylo Grid.ID.

Mobil menempati urutan pertama sebagai transportasi yang paling populer hingga mencapai 37% dan dilanjutan oleh kereta 19%.

Selain itu transportasi motor sebesar 17%, lalu ada lagi perbincangan seputar bus sebesar 11%, kapal 8% dan yang terakhir adalah pesawat yakni 7%. (*)