Find Us On Social Media :

Yuk Mengenal Pola Asuh Helicopter Parenting, Baik Nggak ya Untuk Buah Hati?

By Esti Ayu Hutami, Selasa, 12 Juni 2018 | 16:00 WIB

Yuk Mengenal Pola Asuh Helicopter Parenting

Laporan wartawan Grid.ID, Esti Ayu Hutami

Grid.ID - Buat kamu para orang tua baru pasti bingung banget kan memilih cara pola asuh mana yang tepat kamu terapkan untuk si buah hati dan yang pasti nyaman juga buat kamu?

Dari sekian banyak jenis parenting, salah satunya terkenal dengan istilah Helicopter Parenting.

Metode yang satu ini memang dipersiapkan untuk mengawasi dan mengatur tingkah polah anak nih.

(BACA JUGA: Didaulat Jadi Calon Ratu, 7 Foto Ini Buktikan Kate Middleton Tetaplah Ibu Biasa)

Sehingga nggak jarang nantinya anak akan kesulitan untuk mandiri saat dewasa nanti.

Tapi berbeda dengan pendapat orang kebanyakan, para pakar pola asuh ini justru melihat dampak positif dari menerapkan metode helicopter parenting pada anak.

Salah satu penulis yang juga seorang ibu, Yolande Bariel, mengungkapkan dalam artikelnya di Golden State Newspapers, metode helicopter parenting nggak buruk loh.

Barial menjelaskan, bahwa mengatur dan membimbing anak-anak merupakan ide baik, helicopter parenting seperti melakukan misi penyelamatan, di mana tim memberikan bantuan kepada orang-orang di lapangan.

(BACA JUGA: Saat Putri Charlotte Rewel, Inilah 2 Cara yang Digunakan Kate Middleton untuk Menenangkan Si Buah Hati)

Barial mengatakan bahwa helicopter parenting memberi orangtua pilihan untuk turun tangan jika perlu, atau hanya melihat bagaimana anak mereka menangani suatu situasi. Dikutip dari kompas.com, seperti yang sudah ditulis dalam laman Parent Herald, seorang  konsultan keluarga Barbara Dafoe Whitehead menjelaskan jangan sampai menyamakan antara metode helicopter parenting ini dengan cara asuh yang berlebihan.

"Pola asuh helikopter sama sekali berbeda, dan saya pikir ini adalah gaya mengasuh anak yang positif," kata Whitehead pada Boston Globe.