Find Us On Social Media :

Ratu Elizabeth II Pernah Hampir Dibunuh Saat Rayakan Ulang Tahun Ke-55

By Hastin Munawaroh, Kamis, 14 Juni 2018 | 10:45 WIB

Seorang pria mengarahkan senapan pada Ratu Elizabeth II yang tengah menunggang kuda

Grid.ID - Tahun ini, Ratu Elizabeth II genap berusia 92 tahun.

Meski Sang Ratu lahir pada bulan April, ulang tahunnya dirayakan secara resmi pada minggu kedua Juni. Kebetulan tahun ini perayaannya jatuh pada Sabtu (9/6).

Menjadi bangsawan sekaligus orang penting di negaranya membuat Ratu Elizabeth II dan keluarga harus mendapat pengamanan yang ekstra ketat. Terlebih saat mereka akan lakukan kunjungan di berbagai tempat ataupun ketika mengadakan acara di istana.

BACA: Ada Pesta Permen di Turki, Intip Ragam Perayaan Idul Fitri dari Berbagai Belahan Dunia

Bukan tanpa alasan, tentu saja pengamanan itu dilakukan agar tak ada hal yang bisa mengancam keselamatan anggota keluarga kerajaan, seperti yang terjadi pada perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth II sekitar 37 tahun yang lalu.

Tahun 1981, kala itu Lady Diana baru saja resmi menjadi anggota keluarga kerajaan setelah menikah dengan Pangeran Charles. Perayaan ulang tahun Sang Ratu atau Trooping the Colour diselenggarakan beberapa minggu setelah pernikahan Charles dan Diana.

BACA: Bukan Masalah Pribadi, Ini Alasan Meghan Markle Berdiri di Belakang Kate Middleton pada Perayaan Ulang Tahun Ratu Elizabeth II

Di perayaan itu, Ratu Elizabeth II memimpin Household Cavalry dengan menunggangi kudanya.

Acara baru akan dimulai, tiba-tiba seorang pria kira-kira berusia 17 tahun muncul dan mengarahkan senapan replika pada Sang Ratu yang tengah menunggangi kuda.

BACA: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Sosok Orang Tua dari Camilla Parker

Pria itu menembak Ratu Elizabeth II sebanyak enam kali dengan 'peluru kosong'.

Sang Ratu tentu sangat kaget dan terguncang dengan peristiwa yang dialaminya. Tapi dengan cepat ia menenangkan kudanya dan melanjutkan prosesi perayaan ulang tahunnya.