Find Us On Social Media :

Donald Trump Tandatangani Perintah Eksekutif Penghentian Pemisahan Keluarga, Akankah Kebijakan 'Zero Tolerance' Terus Berlanjut?

By Septiyanti Dwi Cahyani, Kamis, 21 Juni 2018 | 14:37 WIB

Potret Donald Trump yang disandingkan dengan seorang anak yang menangis di Meksiko

Grid.ID - Pada hari Rabu (20/06/2018), Presiden Donald Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif untuk menghentikan pemisahan keluarga di perbatasan.

Hal ini berlangsung hanya beberapa minggu setelah kebijakan zero tolerance atau toleransi nol yang memisahkan ribuan anak-anak migran dari orangtua mereka diberlakukan.

"Ini untuk menjaga kebersamaan keluarga, sementara itu pada saat yang sama kita tetap memastikan bahwa kita memiliki perbatasan yang sangat kuat", kata Trump kepada wartawan setelah menandatangani perintah di Oval Office.

"Kami akan menjaga keutuhan keluarga agar tetap bersama. Aku tidak suka melihat pemandangan keluarga yang terpisah", tandasnya.

Beberapa waktu yang lalu, Donald Trump membuat sebuah kebijakan baru dalam pemerintahannya untuk menuntut semua imigran dewasa yang tertangkap menyeberangi perbatasan secara ilegal.

BACA JUGA Baim Wong Ceritakan Proses Pernikahan Dengan Paula Verhoeven

Dalam tuntutan tersebut, para orang dewasa (orangtua) dipisahkan dari anak-anak mereka yang saat itu bepergian dengan mereka.

Perintah itu juga mengarahkan Jaksa Agung Jeff Sessions untuk berusaha mengubah perjanjian 1997 yang dikenal dengan 'The Flores Settlement', di mana pihak berwenang dilarang untuk menahan anak-anak imigran selama lebih dari 20 hari.

Lalu, bagaimana dengan kelanjutan kebijakan toleransi nol setelah Donald Trump menandatangani perintah eksekutif untuk menghentikan pemisahan keluarga?

Seperti yang dikutip dari laman Insider pada Kamis (21/06/2018), kebijakan toleransi nol masih akan tetap berlaku.

Jadi, jika The Florest Settlement berhasil diubah, kebijakan itu akan berganti menjadi penahanan keluarga yang tertangkap menyeberangi perbatasan secara ilegal.

BACA JUGA Begini Gaya Santai Cuek Miley Cyrus dengan Kaus Oblong dan Hotpants Jeans