Find Us On Social Media :

Dokter Reisa Berbagi Tips Penggunaan Essential Oil yang Lagi Hits Untuk Buah Hati!

By Esti Ayu Hutami, Sabtu, 30 Juni 2018 | 10:24 WIB

Pendapat Reisa Brotoasmoro tentang essential oil

Laporan Wartawan Grid.ID, Esti Ayu Hutami

Grid.ID - Saat ini, penggunaan minyak esensial atau essential oil kian digemari oleh ibu-ibu muda loh.

Minyak yang berbahan alami ini, merupakan hasil penyulingan tumbuhan dan buah-buahan.

Minyak esensial memang diklaim lebih aman dibandingkan obat berbahan kimia lainnya.

Nggak jarang, minyak esensial ini juga jadi pilihan para mama muda masa kini loh untuk sang buah hati.

( BACA JUGA :Catat, Inilah 4 Pecahan Uang Rupiah yang Harus Ditukarkan Sebelum 31 Desember 2018)

Nah menanggapi fenomena ini, dokter cantik Reisa Brotoasmoro juga membagikan tipsnya tentang penggunaan minyak esensial bagi bayi dan balita di salah satu unggahannya di Instagram pribadinya, Jumat (29/6/2018.)

"Penggunaan minyak essensial makin marak di kalangan ibu-ibu muda karena kemurnian dan keamanannya. Belakangan ini makin banyak yg bertanya bagaimana seharusnya penggunaannya untuk bayi? Memang tergantung dari jenis minyak esensial tsb," tulis Reiasa.

Dokter Reisa pun membagikan langkah menggunakan minyak esensial untuk bayi.

( BACA JUGA :Benda Ini Tidak Boleh Ada di Sekitar Anak-anak Kate Middleton dan Pangeran William, Kenapa ya?)

"Ada yg diperbolehkan utk bayi, ada yg tdk. Setiap jenis minyak tentu memiliki tujuan penggunaan masing2. Rata2, cara penggunaannya adalah seperti berikut ini; oles & hirup. (untuk info lebih lanjut silahkan konsultasikan langsung dengan DSA nya masing2). Yang penting pastikan penggunaannya pada bayi sdh tepat. Jika ingin dioleskan langsung ke bayi, gunakan dgn cara diencerkan terlebih dahulu minyak esensial dengan minyak pembawa pelembab seperti V-6 Vegetable Oil Complex / Virgin Coconut Oil untuk memberi nutrisi pada kulit bayi dan meminimalkan iritasi. Takaran pengenceran sesuaikan dgn usia bayi. Misal umur 0 -1 Tahun, encerkan minyak essensial dengan perbandingan 1 tetes Essensial Oil dalam 5-10 ml V-6 Vegetable Oil Complex, tergantung jenis essensial oil. Umur 2-6 Tahun, 2 tetes EO dalam 5 ml V6. Umur 7-11 Tahun, 5 tetes EO dalam 5 ml V6. Dan umur 12 Tahun ke atas bisa digunakan tanpa diencerkan meski dipastikan terlebih dahulu kalau tdk ada reaksi alergi dgn mengoleskannya sedikit di lengan bawah bagian dalam", tulis Reisa.

Kemudian Dokter Reisa melanjutkan jika digunakan dengan menghirup.