Find Us On Social Media :

Mesin Motor Tiba-Tiba Koit, 5 Hal Ini Penting Buat Dicek Duluan

By Novita Desy Prasetyowati, Senin, 2 Juli 2018 | 19:44 WIB

Indikator bensin

Laporan Wartawan Grid.ID, Novita D PrasetyowatiGrid.ID - Tidak semua perempuan, ngerti seperti apa motor yang ditungganginya.

Makanya pas kejadian tiba-tiba mesinnya mati, kebanyakan yang terjadi adalah panik.

Padahal kalaupun hal seperti itu sampai terjadi, nggak perlu panik duluan.

Tinggal cek beberapa hal seperti yang dibawah ini.

1. Kunci kontak

Motor jenis skutik atau bebek, memiliki space didepan pengendaranya.

Nah kalau bawa barang, biasanya ditaruh pada space itu.

Barang bawaan yang tingginya sejajar dengan kunci kontak, bisa jadi pemicu mesin mati.

Salah satu pengalaman adalah karena beberapa kali lewati polisi tidur, barang bawaan bergesekan dengan kunci kontak.

Tanpa disadari, lama kelamaan kunci kontak yang posisinya on jadi bergeser ke off.

2. Bahan bakar

Saat tiba-tiba mesin motor mati, coba lihat indikator bahan bakar.

Siapa tahu saja, jarum indikatornya di posisi E yang artinya empty alias kosong.

Atau kalau yang sudah model digital, indikator bahan bakarnya yang berbentuk bar sudah nggak ada lagi di layar.

(BACA JUGA : Tampil Beda, Penyanyi Pria Ini Konser Pakai Daster dan Rambut Digelung)

Masih nggak percaya dengan indikator, cari tempat yang agak terang lalu coba buka jok.

Lanjut dengan buka tutup bensin (motor bebek dan skutik).

Intip bahan bakar di tangki dari lubang pengisiannya.

siapa tahu sudah nggak ada lagi yang tersisa.

3. Tutup tangki

Ada lubang ventilasi di tutup tangki bahan bakar motor lawas (pakai karburator).

Nah kalau lubang ventilasi itu buntu, maka bahan bakar didalam tangki alirannya jadi terhambat.

Akibatnya nggak didapat suplai bahan bakar ke mesin via karburator.mati deh mesin motornya.

4. Sumber api

Nah untuk yang satu ini, tahapnya bukan untuk pemula deh.

Dan juga, buat yang pakai motornya jenis bebek dan sport.

Bukan buat pemula, karena kudu tahu lokasi busi.

Motornya kudu yang jenis bebek dan sport, karena posisi businya terlihat dan gampang kalau mau dieksekusi.

Mesin motor bisa nyala karena adanya percikan api yang sumbernya dari busi.

Nah aliran listrik ke busi itu dari kabel yang nempel sama kepala busi.

(BACA JUGA : Manisnya Perlakuan Robby Purba untuk Ibunda Tercinta, Suami Idaman!)

Biar ketahuan ada aliran listrik atau tidak ke busi, maka kabel hitam tersebut harus dicopot dari kepala busi.

Bisa ditarik atau kepala businya diulir ke kiri.

Lalu ujung kabel itu didekatkan dengan bagian bawah busi.

Kunci kontak di on-kan lalau pencet double starter.

Sebentar saja, hanya pastikan ada aliran listrik dari kabel tersebut  

5. Busi

Buat yang sudah pengalaman, mesin motor mati juga bisa dilakukan pengecekan pada busi.

Caranya adalah dengan lepas busi dari rumahnya dan lihat ujung kepala busi.

Kalau ada karat, bisa bikin pijar api di kepala busi kecil atau bahkan mati.

Akibatnya mesin juga jadi koit tiba-tiba.

Bersihkan karat dikepala busi dengan ampelas.

Pasang busi pada rumahnya dan coba untuk distarter.

Kalau semua cara itu sudah dilakukan dan mesin nggak hidup juga.

Saatnya kamu ambil hape dan telpon deh buat minta bantuan.(*)