Find Us On Social Media :

Berisiko Kematian, Begini Cara Mengolah Jagung Manis yang Benar

By None, Jumat, 6 Juli 2018 | 14:08 WIB

Jagung Manis

Grid.ID - Meningkatnya kasus kematian akibar mengonsumsi jagung manis, membuat Food Standards Agency (FSA) mengeluarkan peringatan tegas.

Terjangkit infeksi listeria merupakan kasus langka yang berakibat pada risiko kesehatan yang parah.

Setidaknya 11 orang di Inggris dilaporkan terkena infeksi langka ini, dan puluhan orang di Eropa sejak tahun 2015

Otoritas Keamanan Makanan Eropa (ESFA), sebelumnya telah memberikan peringatan mengenai makanan beku termasuk bayam dan kacang hijau.

(Baca Juga :Sama Dengan Susu Kental Manis, Berlabel Sehat Tapi Bahaya Bagi Tubuh)

Pabrik pembuat di Hungaria dituding sebagai biang dari kontaminasi dari merek produksi jagung beku yang dipasok ke supermarket seluruh Inggris.

Dr. Kathie Grant dari Public Health, Inggris mengatakan bahwa infeksi ini bisa jadi sangat berbahaya.

"Kebanyakan orang tidak akan memiliki gejala infeksi atau hanya akan mengalami gejala ringan seperti muntah dan diare, yang biasanya lewat dalam beberapa hari tanpa perlu perawatan. Infeksi yang lebih serius dapat berkembang pada mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah atau dalam kelompok rentan termasuk bayi, orang tua atau wanita hamil," ungkap Dr. Grant.

EFSA bahkan baru-baru ini menyatakan kondisi kasus tersebut kini sebagai wabah yang terus berlanjut.

(Baca Juga :Tanggapi Isu Selingkuh dan Miliki 2 Orang Anak, Begini Kata Sule!)

Pabrik pengolahan makanan beku juga disoroti untuk senantiasa menjaga kebersihan dan melakukan sterilisasi menyeluruh secara berkala dari mulai peralatan hingga kondisi lingkungan pabrik.

Dr. Grant juga menyarankan bagaimana mengolah makanan beku yang bisa dilakukan agar memperkecil kemungkinan terjangkit infeksi berbahaya listeria.