Find Us On Social Media :

Meskipun Relatif Aman, Jangan Sepelekan Pasta Gigi yang Tertelan Si Buah Hati

By Esti Ayu Hutami, Kamis, 26 Juli 2018 | 11:30 WIB

Jangan Sepelekan Pasta Gigi Yang Tertelan

Laporan Wartawan Grid.Id, Esti Ayu Hutami

Grid.ID- Bagi para orang tua, memang penting banget nih mengajarkan kemandirian sekaligus kebersihan buat si buah hati.

Nah salah satu caranya ya dengan menyikat gigi, secara nggak langsung ada manfaat baik bagi si buah hati yang mulai diajarkan menyikat giginya sendiri loh.

Selain untuk kesehatan dan kebersihan mulut, ya salah satu manfaat psikisnya adalah mengajarkan anak bertanggung jawab juga mandiri.

(BACA JUGA: Ketahui Suhu Tubuh Normal Untuk Bayi, Ternyata Suhu Tinggi Tidak Selalu Demam, Cari Tahu yuk)

Makanya nggak jarang produsen pasta gigi memroduksi pasta gigi khusus untuk anak-anak biasanya dengan rasa dan wangi buah-buahan.

Nah kandungannya sendiri pun nggak jauh beda nih dengan pasta gigi pada umumnya.

Biasanya pasta gigi yang dijual bebas mengandung konsentrasi fluoride rendah, hanya untuk mencukupi kebutuhannya selama menyikat gigi.

(BACA JUGA: Analisa Pakar Soal Kedekatan Ratu Elizabeth II dengan Putra-putrinya : Puteri Anne Cenderung Jaga Jarak)

Fluoride sendiri membantu mencegah kerusakan gigi dengan menjaga enamel gigi tetap kuat, dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam plak.

Dilansir dari poison.org, ketika fluoride berada di perut, dapat menyebabkan iritasi yang menyebabkan mual, muntah, dan diare.

Menurut Dr. David Kerr, kontributor situs today's dentistry mengatakan, "Ketika anak menelan pasta gigi, akan ada 'lonjakan' atau konsentrasi fluoride tinggi dalam suplai darah, dan ini dapat memengaruhi perkembangan gigi mereka.”