Find Us On Social Media :

Wajib Waspada, Jika Buah Hati Alami Gangguan Tidur Ternyata Bisa Berpengaruh Pada Pertumbuhannya loh!

By Esti Ayu Hutami, Sabtu, 28 Juli 2018 | 11:25 WIB

Buah Hati Alami Gangguan Tidur

Laporan Wartawan Grid.ID, Esti Ayu Hutami

Grid.ID - Tidur memang jadi saat tepat bagi buah hati untuk melepas lelah sekaligus meningkatkan fungsi otak secara optimal.

Wah, apa jadinya kalau si buah hati terganggu waktu tidurnya?

Selain nggak jarang jadi rewel dan membuat para orang tua kewalahan, pertumbuhan pada diri buah hati pun ternyata jadi terganggu loh.

Melansir dari Kompas.com, Ahli gizi medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. Saptawati Bardosono, MSc menjelaskan, tubuh anak membutuhkan hormon pertumbuhan.

(BACA JUGA: Nafsu Makan Meningkat Saat Hamil? Berikut Cara Mengendalikannya, Biar Nggak Berlebihan dan Tetap Sehat)

Hormon tersebut dihasilkan tubuh antara pukul 22.00 hingga 24.00. nah pada waktu tersebut, nutrisi yang dikonsumsi akan dimanfaatkan untuk pertumbuhan anak.

"Jadi kalau sebentar-sebentar bangun otomatis hormon pertumbuhan tidak keluar," ujar Saptawati.

Saptawati pun ikut mejelaskan anak di bawah lima tahun bahkan membutuhkan waktu tidur hingga 10 jam dengan asumsi mulai pergi tidur pada Pukul 20.00.

Jadi kalau si buah hati tidur di antara rentang waktu tersebut, baru dehbisa dibilang kebutuhan tidur si buah hati tercukupi.

(BACA JUGA: Mellissa Grace Bagikan Tips Terapkan Internet Aman untuk Anak, yuk Kepoin!)

Dengan tidur yang cukup, maka tumbuh kembang anak akan baik dan mereka akan tumbuh menjadi anak yang bahagia, kreatif, mampu mengikuti pelajaran dengan baik, dan memiliki konsentrasi tinggi.