Find Us On Social Media :

Bangga! Alti Firmansyah, Wanita Indonesia yang Jadi Komikus Marvel

By None, Senin, 6 Agustus 2018 | 19:11 WIB

Kolase Grid.ID

Grid.ID — Keragaman etnis dan gender memang sangat terasa di ajang tahunan Comic COn International 2018. Ajang ini menjadi pemeran komik dan hiburan multimedia yang baru saja digelar di Kota San Diego, California, dimana para komikus dan artis yang hadi memiliki latar belakang yang berbeda

Salah satunya, Alti Firmansyah, cewek Indonesia yang berprofesi sebagai seorang Line Artist yang bertugas membuat sketsa untuk komik daring atau online di Amerika yang berjudul Goliath Girls.

Komik yang dirilis oleh perusahaan Comixology ini merupakan hasil kolaborasinya dengan penulis asal Amerika Serikat, Sam Humphries. Ini merupakan kolaborasi mereka yang ke-2, setelah sebelumnya ia dan Sam menggarap komik produksi Marvel yang berjudul “Star Lord & Kitty Pryde.” Comixology sendiri adalah anak perusahaan dari Amazon, toko belanja daring yang berpusat di AS.

(Baca Juga :5 Zodiak ini Bawa Keberuntungan Untuk Pasangannya, Pertahankan ya!)

Alti yang tinggal di Jakarta, khusus diundang ke ajang Comic Con ini untuk mengisi acara di stan Comixology. Biasa berkarya dari jarak jauh, ini adalah pertama kalinya Alti bisa bertatap muka langsung dengan para penggemar komik Goliath Girls, yang menurutnya sangat beragam.

“Ini super amazing. Jadi ini pertama kali juga saya berada di SDCC (San Diego Comic Con). Saya amaze dengan variety tamu-tamunya, terutama saya di sini melakukan signing. Orang datang ke saya dari umur yang muda, sampai ke yang usia lanjut ada gitu. Semua race juga ada, jadi amazing,” papar Alti Firmansyah dengan gembira kepada VOA belum lama ini.

Para pengunjung pun nggak menyangka bahwa Alti berasal dari Indonesia. Banyak yang mengira bahwa ia adalah warga lokal AS.

(Baca Juga :9 Ciri Tipe Orang yang Mungkin Menipu Kita, Salah Satunya Gila Belanja)

“Saya nggak tahu dia berasal dari Indonesia. Menurut saya bagus sekali dia bisa datang ke sini dan memasarkan komiknya,” kata seorang pengunjung bernama Anne.

Kepala pemasaran dari perusahaan Comixology, Ivan Salazar juga senang melihat artis berbakat seperti Alti bisa bergabung bersama mereka di Comic Con kali ini.

“Senang sekali bisa ada komikus berbakat dari Indonesia yang bisa menggarap komik dengan kami dan berada di Comic Con,” ujarnya.

Sejak kecil, Alti memang gemar menggambar, bahkan sering mengikuti kejuaraan menggambar semasa SD hingga SMA. Lulus kuliah dari Fakultas Seni Rupa dan Desain di Institut Teknologi Bandung tahun 2005, Alti kemudian terjun ke dunia periklanan, hingga akhirnya bergabung dengan studio komik lokal di tahun 2012 untuk mendalami dunia komik secara profesional.