Find Us On Social Media :

Indonesia Berencana Pesan 2.500 Unit Pesawat Terbang ke Manufaktur Dirgantara Boeing Amerika Serikat

By Seto Ajinugroho, Rabu, 8 Agustus 2018 | 10:00 WIB

Indonesia akan pesan 2.500 pesawat boeing (Ilustrasi)

Grid.ID - Perang dagang Indonesia versus Amerika Serikat tampaknya semakin seru.

Terkadang perang dagang memang diperlukan supaya pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat 'dipaksa' maju ke arah yang positif.

Baru-baru ini tersiar kabar yang cukup membuat negara-negara di dunia bisa geleng-geleng kepala tentang apa yang hendak dilakukan Indonesia.

Dikutip dari Kontan.co.id, Rabu (8/8) Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sudah melakukan pembicaraan resminya dengan manufaktur pesawat kenamaan dunia, Boeing Amerika Serikat.

Enggartiasto yang berkunjung ke negeri Koboi itu pada Juli lalu menyatakan Indonesia berencana membeli 2.500 unit pesawat baru dalam jangka waktu 20 tahun kedepan.

BACA : Jarang Muncul Dilayar Kaca, Artis Ulfa Dwiyanti Hadir Membawa Kabar Duka

Jika kesepakatan itu terjadi maka bisa dipastikan Indonesia menjadi negara pertama importir pesawat terbesar Boeing di dunia.

Hal itu juga bisa memastikan keberlangsungan hidup perusahaan Boeing jika kesepakatan tercapai.

Namun Enggar juga mengungkapkan syarat lainnya jika Boeing ingin mendapatkan pesanan pesawat gila-gilaan itu.

Enggar meminta pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk memberikan pengecualian dari tarif impor baja sebesar 25 persen dan alumunium 10 persen yang dikenakan AS.

"Kunjungan ke AS saya tidak datang hanya untuk minta Generalized System of Preferences (GSP), tetapi kami mulai dengan pertemuan dengan Boeing melalui support airlines Lion Air," kata Enggar, Senin (6/8).