Find Us On Social Media :

Limbah Plastik di Laut Justru Jadi Tempat Berkembangnya Spesies Invasif

By None, Jumat, 31 Agustus 2018 | 15:03 WIB

Remis menempel di wadah plastik yang mengambang di laut selama bertahun-tahun.

Grid.ID – Seperti yang kita ketahui, bahwa sampah plastik telah menjadi bagian dari lautan. Namun para ilmuwan tidak menyadari bahwa limbah tersebut dapat membawa gelombang spesies invasif.

Tidak lama setelah gempa bumi dan tsunami yang menyerang Jepang pada 2011, lonjakan sampah – termasuk kulit kerang, reruntuhan dermaga dan kapal ikan – mulai terdampar di Pantai Barat Amerika Utara dan Hawaii. Tsunami telah membawa plastik Jepang ke sana.

Peneliti tidak tahu bahwa remis Jepang, kijing, dan sea squirts, dapat bertahan selama enam tahun di sampah-sampah plastik tersebut, bahkan setelah mengarungi perjalanan melintasi Samudra Pasifik.

BACA JUGA : Faldy Albar Meninggal Akibat Liver, Hati-Hati Makanan ini Bisa Jadi Penyebabnya

Tidak sekadar hidup, mereka juga siap bereproduksi.

“Saat itu, kami tidak berpikir bahwa organisme pesisir ini dapat bertahan hidup di laut cukup lama untuk melakukan transit,” kata Greg Ruiz, ilmuwan senior dari Smithsonian Enviromental Research Centre.

“Kita mungkin akan sering melihat fenomena tersebut karena jumlah sampah di lautan terus meningkat,” imbuhnya.

Para peneliti mengumpulkan sebanyak mungkin sampah selama enam tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa ada 289 spesies Jepang yang selamat dalam perjalanannya di lautan.

BACA JUGA : Unik! Miliarder ini Jadikan Memulung Sebagai Kegiatan Berolahraganya

Christina Simkanin, ahli biologi SERC, saat ini sedang mempelajari dampak dari invasi spesies tersebut. Terutama tentang apakah mereka akan membentuk populasi baru di tempat mereka mendarat.

Para ilmuwan khawatir, remis yang berasal dari laut Mediterania dapat membawa jenis parasit yang belum diketahui ke AS dan Kanada. Ini dapat membahayakan spesies asli di wilayah tersebut.

Di masa lalu, hewan-hewan juga telah bepergian, tapi mereka terbawa puing-puing kapal kayu yang akhirnya terurai di laut.