Find Us On Social Media :

5 Jurus Sakti Untuk Aki Mobil, Biar Nggak Gampang Tekor Bandar

By Octa, Sabtu, 1 September 2018 | 16:48 WIB

Aki mobil

Grid.ID - Aki mobil ataupun motor, fungsinys sebagai penyimpan energi.

Dan energi yang disimpan itu, dibutuhkan untuk menjalankan hampir semua fungsi pada kendaraan.

Diantaranya seperti pengapian, kelistrikan dan bahkan untuk AC.

Sangat punya perang yang sangat penting, makanya jangan sampai AKI jadi tekor.

Aki tekor itu juga bisa dibilang kurang setrum dan itu akibat dari terbuangnya energi saat mesin dalam kondisi mati.

Biar aki nggak tekor, ini ada 5 jurus jitu untuk mengtasinya.

1. Jangan sampai kekurangan

Pada jenis aki basah, pastikan level air aki nggak ada di bawah garis low.

Kurangnya air aki, bisa bikin sell didalamnya rusak akibat panas dari penguapan yang terjadi.

2. Kenali kerak

Banyak kasus terjadi, pada terminal aki timbul kerak.

Ternyata ada 2 warna kerak yang bisa muncul pada terminal aki.

Warna kerak beda, penyebabnya juga beda.

Kerak berkelir putih, itu karena terjadi penguapan dari cairan aki.

Itu terjadi akibat dari adanya kebocoran atau keretakan timah kepala atau cashing dari aki itu sendiri.

Kalau keraknya berwarna hijau, itu akibat dari terminal atau kleman aki ada yang longgar.

3. Bersihkan kerak

Ada kerak muncul di terminal aki, nggak usah panik.

Cara bersihkannya tinggal siram dengan air panas, lalu bersihkan dengan sikat gigi.

Kalau yang keraknya berkelir hijau, siram pakai air panas lalu lepas klemannya.

Baru deh bersihkan kerak yang menempel.

4. Matikan AC

Saat matikan mesin mobil, nggak sedikit yang lupa matikan AC.

Itu bisa bikin aki mobil jadi tekor.

Ini yang disebut energi terbuang saat mesin mobil dalam kondisi mati.

5. Ingat ultah

Sama seperti komponen mobil lainnya, Aki memiliki usia pakai.

Jadi pasti akan tiba waktunya aki tak lagi berfungsi maksimal atau bahkan mati.

Berapa rata-rata usia pakai aki mobil? Dari berbagai sumber didapat perkiraan umur aki 1-2 tahun.

Namun, mesti diingat, 1-2 tahun adalah usia pakai rata-rata dengan asumsi kondisi mobil dan pemakaian normal.

Jadi jangan lupakan ultah si Aki, kalau sudah 2 tahun siap-siap ganti deh.(*)