Find Us On Social Media :

Terharu, Perjuangan Anak 6 Tahun di Aceh Melawan Kanker untuk Sembuh

By None, Kamis, 6 September 2018 | 07:24 WIB

Plh Bupati Bener Meriah Ismarisiska saat menyerahkan santunan kepada Yustikawati, ibu dari Rangga, bocah enam tahun yang kini sedang menjalani kemotrapi karena mengidap Limfoma, Selasa (5/9/2018).

Grid.ID - Rangga Syahputra, bocah 6 tahun asal Kampung Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, kedatangan tamu istimewa yakni Plh Bupati Bener Meriah Ismarisiska bersama rombongan pada Selasa (5/9/2019).

Bocah tersebut mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah karena diketahui sedang berjuang melawan limfoma, yakni kanker yang muncul dalam sistem limfatik yang menghubungkan kelenjar limfe atau kelenjar getah bening di seluruh tubuh.

Shezy Idris Ceraikan Suami karena Ingin Selamatkan Anak

Sistem limfatik termasuk bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Dalam kunjungannya Ismarisiska ingin mengetahui langsung kondisi anak dari Yustikawati tersebut. Menurut Yustikawati, putranya kini sedang menjalani pengobatan melalui kemoterapi di RSU setempat.

Menurut Yustikawati, usai menjalani kemoterapi perdana, Rangga menjadi lebih kurus dari kondisi sebelumnya. Kemoterapi itu direncanakan dilakukan selama tujuh kali demi kesembuhan putranya tersebut.

Ismarisiska sempat bercengkrama dengan Rangga. Ismarisiska meminta agar Dinas Kesehatan dan Camat Wih Pesam dapat secara berkelanjutan memastikan kondisi Rangga dan memfasilitasi kebutuhan pengobatan Rangga sesuai kewenangan yang dimiliki.

Ia juga berpesan kepada orang tua Rangga untuk memanfaatkan secara maksimal layanan Pengobatan yang diberikan oleh pemerintah, karena Rangga dianggap perlu mendapatkan pengobatan yang intensif.

Sementara itu Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Bener Meriah Sabaruddin yang turut serta bersama rombongan saat itu mengatakan, Rangga adalah penderita penyakit kelenjar limfoma yang telah sejak awal diketahui oleh para tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Pante Raya.

Menurut Sabaruddin, semula beredar informasi bahwa bocah tersebut mengalami gizi buruk, dan setelah di kroscek, ternyata info itu keliru, karena pihaknya memastikan untuk saat ini tidak ada penderita gizi buruk di Kabupaten Bener Meriah.

"Sehingga kami ikut mendampingi Plh Bupati Bener Meriah untuk memastikan bahwa di kondisi Rangga Syahputra saat ini merupakan efek dari pengobatan yang dijalaninya," ujar Sabaruddin.

Sabaruddin yang turut serta membawa petugas medis ke lokasi menyebutkan, kondisi Rangga saat ini sangat dipengaruhi oleh kurangnya nafsu makan usai menjalani kemotrapi.