Find Us On Social Media :

Ternyata Jenis Kulit Bisa Berubah! Ini Hal yang Perlu Dilakukan untuk Penyesuaian

By Ratu Monita, Minggu, 6 Juni 2021 | 10:15 WIB

Ilustrasi jenis kulit berubah

Parapuan.co - Jenis kulit setiap orang tentu saja berbeda-beda, dimulai dari kulit berminyak, kulit kering, hingga kulit kombinasi.

Sebagian besar dari kita akan melakukan perawatan sesuai jenis dan masalahnya.

Namun mengapa sering kali secara tiba-tiba produk perawatan sudah tak lagi cocok?

Tak banyak diketahui orang, ternyata jenis kulit kita bisa berubah lo, Kawan Puan.

Salah satu alasannya karena kebiasaan perawatan wajah yang rutin dilakukan.

Baca Juga: Oh, Ini Alasan Mengapa Susu Bisa Menyebabkan Jerawat di Wajah

Meski begitu, pada dasarnya kulit memang rentan mengalami perubahan jenis karena sejumlah faktor seperti lingkungan dan hormonal, seperti melansir dari laman Women's Health.

“Jenis kulit kamu ditentukan secara genetik dan kulit bukanlah sesuatu yang bisa berubah seperti musim,” ungkap dokter kulit yang berbasis di NYC, Joshua Zeichner, MD.

Akan tetapi, Dr. Zeichner juga menjelaskan bahwa terdapat pengecualian yakni kulit berminyak bisa berubah menjadi kering seiring bertambahnya usia.

Perubahan kulit ini juga bisa terjadi saat pasca-menopause, hal ini karena kelenjar sebaceous yakni penghasil minyak menjadi kurang aktif, yang disebabkan oleh perubahan hormonal alami.

Selain itu, jenis kulit kamu juga berubah karena beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan menunjukkan karakteristik yang berbeda.

Oleh karena itu, Dr. Zeichner menyampaikan sangat penting bagi kamu untuk menyesuaikan perawatan kulit dengan perubahan lingkungan.