Find Us On Social Media :

Usaha Makin Sulit saat Pandemi, Ini Tips Pertahankan Bisnis ala Owner Sendean

By Vregina Voneria Palis, Senin, 14 Juni 2021 | 17:00 WIB

Mempertahankan bisnis di era pandemi

Parapuan.co - Tidak bisa dimungkiri bahwa pandemi saat ini telah mempengaruhi banyak sektor bisnis, termasuk salah satunya adalah Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). 

Banyak pelaku UMKM yang harus mati-matian menjaga agar bisnisnya tidak gulung tikar dan terus berkembang.

Sudah penjualan menurun, cash flow juga terganggu, tapi harus tetap pintar putar uang agar bisnis bisa terus jalan dan bertahan.

Mengatasi hal tersebut, Hari Ratih Fitriyaniowner dari Sendean.id membagikan kunci utama agar bisnis dapat bertahan selama pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: Belajar dari 'The Queen's Gambit', 4 Hal Ini Bantu Entrepreneur Sukses

Menurut Ratih, pelaku usaha harus dapat melihat kesempatan dan cepat beradaptasi sesuai keadaan yang ada untuk dapat bertahan di pandemi ini.

"Beradaptasi, secara teori orang-orang itu sadar ya harus bagaimana, namun terkadang orang itu mau enggaknya beradaptasi, kalau mau bertahan ya harus mau beradaptasi," kata Ratih kepada PARAPUAN.

Hal ini juga ia terapkan dalam bisnisnya sendiri yakni di Sendean.id, Kawan Puan.

Selama pandemi ini, Sendean yang awalnya berfokus dalam produksi barang kerajinan tangan seperti cushion, tempat tisu, pouch, pakaian, beradaptasi memenuhi kebutuhan masyarakat dengan membuat masker dan strap.

Baca Juga: Selain Jadi Star Seller, Begini Caranya agar Tokomu Muncul di Laman Teratas Shopee

"Untungnya Sendean bahan dasarnya kain, jadi adaptasinya gampang ya, langsung lompat bikin masker," tambah Ratih.

Menurutnya akan selalu ada cara bagi pelaku usaha lainnya untuk bisa beradaptasi, menyesuaikan kebutuhan masyarakat selama pandemi ini.