Find Us On Social Media :

7 Langkah Menulis Surat Resign agar Tinggalkan Kesan Positif di Perusahaan

By Arintha Widya, Senin, 14 Juni 2021 | 16:30 WIB

Langkah menulis surat resign

Parapuan.co - Mengajukan surat resign dari kantor ada aturannya dan tidak bisa dilakukan asal-asalan.

Apalagi jika kamu berniat mengundurkan diri karena mendapat tawaran pekerjaan baru yang lebih menjanjikan.

Kamu tentu perlu meninggalkan kesan baik bagi perusahaan karena telah memberikan pengalaman kerja dan pengetahuan untukmu.

Untuk itu, penting bagimu mengikuti prosedur pengunduran diri yang telah ditentukan.

Selain ikut prosedur, ada langkah-langkah yang lebih tepat untuk kamu lakukan jika hendak mengajukan surat resign.

Di bawah ini tahapan yang mesti kamu ikuti sebagaimana mengutip The Balance Careers:

1. Beri tahu pimpinan/atasan

Beri tahu pimpinan perusahaan atau atasanmu terlebih dulu jika kamu ingin resign sebelum mengajukan surat resmi.

Temui atasan secara langsung dan sampaikan padanya bahwa kamu berencana mengundurkan diri.

Setelahnya, barulah kamu dapat menindaklanjuti dengan mengajukan surat resign secara resmi yang ditujukan buat perusahaan.

Baca Juga: Ini Masa Kerja Ideal yang Kamu Butuhkan sebelum Putuskan Resign

2. Menulis surat resmi

Tentukan waktu yang tepat untuk membuat dan mengajukan surat pengunduran diri.

Kendati kamu sudah menyampaikan kepada atasan secara langsung, sebaiknya hindari untuk memberikan surat resign saat itu juga.

Apabila tidak memungkinkan mengirimkan surat salinan cetak, kirim permohonan pengunduran dirimu lewat email, sesuai yang kamu sepakati dengan atasan.

Selain kepada atasan, sampaikan pula salinan surat pengunduran diri ke pihak HRD.