Find Us On Social Media :

Tips Mengajarkan Hidup Ramah Lingkungan dan Tidak Konsumtif pada Anak

By Ericha Fernanda, Sabtu, 21 Agustus 2021 | 15:05 WIB

Ide mengajarkan anak tentang hidup ramah lingkungan.

Parapuan.co - Kampanye ramah lingkungan mungkin terdengar biasa saja karena sudah sering digaungkan. Namun, apakah benar-benar diterapkan khususnya pada pengasuhan?

Mengajarkan anak soal melestarikan alam dan memahami proses di dalamnya akan sangat mempengaruhi pilihan hidup mereka di usia yang semakin bertambah.

Kebiasaan ramah lingkungan sejak dini bertujuan agar anak berani bertanggung jawab atas tindakannya dan senantiasa menjaga planet agar tetap nyaman.

Salah satu manfaat mengajarkan anak ramah lingkungan adalah tidak hidup konsumtif. Di mana mereka hidup dengan memanfaatkan bahan alam secukupnya dan seminimal mungkin menyisakan sampah yang tidak bisa didaur ulang.

Lantas, bagaimana cara yang paling efisien dan mudah diterapkan untuk mengajarkan kehidupan ramah lingkungan untuk anak-anak?

Baca Juga: 5 Poin Penting yang Bisa Diajarkan pada Anak Usia 10 Tahun

Mengutip Eco Bnb, berikut adalah beberapa ide tentang bagaimana membangun fondasi yang kuat untuk perilaku ramah lingkungan bagi anak-anak.

1. Menikmati lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi alam bersama

Trik sederhana ini akan mengajarkan anak bagaimana menghargai alam bebas, baik pergi ke taman lokal, hutan kota, atau cagar alam setempat.

Temukan jalan yang mudah dilakukan bersama anak-anak guna membantu menghargai keindahan yang ditemukan di ekosistem yang ada di sekitar mereka.

Selain itu, kamu dana anak-anak bisa melakukan olahraga yang menyenangkan dan sehat saat berjalan-jalan atau bersepeda menuju lokasinya. Menyenangkan, bukan?