Find Us On Social Media :

Bagaimana Karakteristik Gaya Belajar Linguistik Verbal pada Anak? Ini Penjelasannya

By Ericha Fernanda, Jumat, 27 Agustus 2021 | 16:15 WIB

Karakteristik gaya belajar linguistik verbal pada anak.

Parapuan.co - Jika seorang anak memiliki minat yang tinggi pada bahasa, komunikasi, dan cepat belajar jika diajarkan tentang bahasa lainnya mungkin mereka termasuk dalam kategori anak pembelajar linguistik verbal.

Gaya belajar atau kecerdasan linguistik verbal adalah salah satu dari delapan jenis gaya belajar yang didefinisikan dalam teori kecerdasan majemuk oleh Howard Gardner.

Pada tahun 1960-an, ia mengemukakannya dalam sebuah buku berjudul Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences.

Baca Juga: Memahami Karakteristik Kecerdasan Logika Matematika pada Anak dan Cara Meningkatkannya

Kategori pembagian kecerdasan ini sangat berguna untuk menyesuaikan gaya mengajar oleh orang tua dan guru, serta gaya belajar oleh anak itu sendiri.

Gaya belajar linguistik verbal mengacu pada kemampuan seseorang untuk bernalar, memecahkan masalah, dan belajar menggunakan bahasa. 

Pembelajar linguistik verbal cenderung berhasil dengan baik di sekolah karena begitu banyak kurikulum sekolah yang diajarkan secara verbal.

Karakteristik Pembelajar Linguistik Verbal

Melansir Verywell Family, anak-anak dengan gaya belajar linguistik verbal berkembang dengan baik dalam kegiatan sekolah seperti membaca dan menulis.

Mereka mengekspresikan diri dengan aktif dan biasanya menjadi pendengar yang baik karena memorinya berkembang secara signifikan untuk materi yang mereka baca dan daya ingat yang kuat dari informasi lisan.