Find Us On Social Media :

Selain Promosi, UMKM Juga Perlu Beri Edukasi di Media Sosial, Kenapa?

By Tentry Yudvi Dian Utami, Minggu, 29 Agustus 2021 | 15:30 WIB

Optimalkan media sosial untuk pemasaran digital

Parapuan. co -  Kawan Puan, kita memang harus terus menerus mempromosikan usaha kita di media sosial.

Arto Soebiantoro, Founder and Owner GambaranBrand, dalam webinar Branding Hari Ini mengungkapkan, di Indonesia saat ini ada 62 juta unit usaha yang bersiap untuk masuk ke ranah digital.

Caranya pun sangat mudah, hanya dengan membayar paling sedikit Rp15.000, sebuah brand sudah dapat berkomunikasi dengan pasar.

Ada berbagai platform media sosial yang dapat digunakan oleh pelaku brand dan bisnis, di antaranya instagram, facebook, dan youtube, dan lainnya.

Baca Juga: Simak! Begini Cara Menghemat Biaya Bisnis selama Pandemi Covid-19

Di media sosial tersebut, setidaknya terdapat 62 juta pengguna instagram dan 170 juta pengguna facebook.

Di sisi lain, brand di Indonesia terus tumbuh, sebelum pandemi ada 120 ribu brand baru, dan di masa pandemi ada 30-40 ribu brand baru. Menariknya, brand kecil dapat berdiri sejajar dengan brand-brand besar.

Namun, di tengah perkembangan teknologi digital, semua brand berpikir teknologi digital menjadi satu-satunya solusi.

Padahal, menurut Arto, platform digital hanya tools untuk menyampaikan satu brand ke konsumennya.

Sementara, konsumen dapat banyak informasi, cenderung akan menolak produk yang tidak penting atau tidak ada relevansi dengan kebutuhan konsumen.