Find Us On Social Media :

Penting! Ini 4 Faktor Penentu dalam Memilih Alat Konstrasepsi Darurat

By Aghnia Hilya Nizarisda,Sarah D. Ekaputri, Senin, 30 Agustus 2021 | 14:20 WIB

Ilustrasi memilih alat kontrasepsi darurat

Parapuan.co - Semakin ke sini, semakin banyak pula pasangan suami istri yang sadar akan pentingnya perencanaan keluarga, termasuk waktu yang tepat untuk hamil.

Jika memutuskan menunda kehamilan agar terjadi di waktu yang tepat saat siap fisik, mental, hingga finansial, salah satu caranya dengan penggunaan alat kontrasepsi.

Bahkan, dalam kondisi terdesak, Kawan Puan bisa menggunakan alat kontrasepsi darurat. Namun, harus tahu dulu pertimbangan dalam memilih alat kontrasepsi darurat.

Pasalnya, penggunaan berbagai macam alat kontrasepsi sangat dibutuhkan untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan dan juga kehamilan yang tak diinginkan.

Baca Juga: Mudah Dipakai, Ini Kelebihan dan Kekurangan Metode Kontrasepsi Koyo KB

Sayangnya lagi, melansir dari KOMPAS.com, lebih dari 47 juta perempuan di dunia kehilangan akses terhadap pelayanan kontrasepsi akibat pandemi Covid-19.

Belum lagi, banyak pasangan yang tidak melek akan jenis-jenis alat kontrasepsi. Tak sedikit pula yang tidak tahu alat kontrasepsi darurat seperti IUD tembaga dan morning-after pill.

Lantas, bagaimana cara memilih alat kontrasepsi darurat? Apa saja faktor penentu dalam memilih alat kontrasepsi darurat?

Nah tenang saja, menlansir dari Planned Parenthood, PARAPUAN telat merangkum cara alat kontrasepsi darurat dan juga apa saja faktor-faktor penentunya.