Find Us On Social Media :

UMKM Makin Banyak, Ketahui Ini 4 Tips Menjadi Merek Lokal yang Unik

By Aghnia Hilya Nizarisda, Senin, 30 Agustus 2021 | 21:30 WIB

Meski UMKM kini semakin banyak, kamu bisa menjadi merek lokal yang unik dengan beberapa cara.

Parapuan.co - Selama masa pandemi, bisnis rumahan dan UMKM semakin banyak bermunculan. Banyak yang kini memilih bangun usaha untuk bertahan hidup.

Dengan begitu, merek lokal pun semakin banyak dan jika Kawan Puan memiliki bisnis rumahan juga, tentu harus menjadi merek lokal yang unik.

Hal ini agar bisnis kita berbeda dengan yang lainnya dan itu dapat diwujudkan dengan beberapa tips menjadi merek lokal yang unik.

Berdasarkan rilis yang PARAPUAN terima, Marketing Communications Madame Gie Githa Lucentia membagikan beberapa saran yang bisa Kawan Puan coba.

Baca Juga: Selain Promosi, UMKM Juga Perlu Beri Edukasi di Media Sosial, Kenapa?

 

Menurutnya, ada beberapa tips untuk bisa memulihkan merek lokal Indonesia dengan memperkuat identitas merek dan memanfaatkan saluran pemasaran yang tepat.

Seperti apa tipsnya?

1. Tentukan target audiens yang jelas dalam membangun identitas merek

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pelaku UMKM dalam membangun identitas merek adalah tidak menentukan target audiens yang jelas.

Pelaku usaha perlu tahu dan mengenali target audiensnya siapa, kebiasaannya seperti apa, pola perilaku yang dimiliki seperti apa serta hal-hal yang disukai apa saja.

Githa mengatakan, "Penting bagi kita untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai target audiens kita sendiri."

"Dengan mengetahui dengan jelas siapa target audiensnya, kita bisa konsisten dalam menyuguhkan konten promosi produk," terang Githa.