Find Us On Social Media :

Suka Sendiri dan Fokus, Kenali Karakteristik Kecerdasan Intrapersonal pada Anak

By Ericha Fernanda, Selasa, 31 Agustus 2021 | 15:45 WIB

Ciri-ciri kecerdasan intrapersonal pada anak.

 

Parapuan.co - Kawan Puan, pernahkah kamu melihat seorang anak nyaman saat sendirian dan fokus dengan apa yang mereka kerjakan tanpa gangguan?

Nah, mereka bukan berarti kurang pergaulan atau tidak punya teman, ya. Itulah cara mereka memaksimalkan gaya belajarnya. Ini termasuk kecerdasan intrapersonal.

Baginya sendirian adalah waktu yang sangat baik untuk belajar dan fokus. Justru saat mereka berkelompok belum tentu maksimal seperti saat sedang sendiri.

Baca Juga: Selain Suka Menggambar, Ini Karakteristik Kecerdasan Visual Spasial pada Anak

Kecerdasan intrapersonal adalah salah satu kategori kecerdasan yang berbeda dalam teori kecerdasan majemuk Howard Gardner.

Howard mengemukakannya pada tahun 1960-an dalam sebuah buku berjudul Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences.

Ia memandang bahwa setiap orang memiliki kecenderungan pada kecerdasan yang berbeda, sehingga bukan merupakan satu kecerdasan tunggal yang disamaratakan.

Ia membaginya menjadi delapan kategori termasuk verbal linguistik, musikal, kinestetik jasmani, logika matematika, naturalis, interpersonal, intrapersonal, dan visual spasial.

Anak dengan kecerdasan intrapersonal biasanya sangat memotivasi diri, introvert, dan senang menghabiskan waktu sendirian. 

Kelebihannya, mereka juga sangat pandai memilih jalan mereka sendiri tanpa validasi orang lain.

Sebagaimana dilansir dari Scary Mommy, berikut ini karakteristik dan tips meningkatkan kecerdasan intrapersonal pada anak.