Find Us On Social Media :

Sulit Tidur karena Stres akibat Pandemi? Ini 5 Tips Atasi Coronasomnia

By Ericha Fernanda, Minggu, 5 September 2021 | 16:30 WIB

Cara mengatasi kesulitan tidur karena stres pandemi Covid-19

Parapuan.co - Pandemi Covid-19 memengaruhi segala aspek kehidupan hingga memaksa kita untuk beradaptasi dengan keadaan.

Alhasil, sebagian orang menjadi stres akibat pandemi hingga akhirnya mengalami gangguan kesehatan lain seperti insomnia atau kesulitan tidur.

Bahkan kini hadir istilah Coronasomnia untuk menyebut insomnia karena stres akibat pandemi Covid-19 dan segala hal lain yang berubah.

Namun, jika Kawan Puan mengalami Coronasomnia, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips mengatasi sulit tidur akibat pandemi.

"Coronasomnia atau covidsomnia, adalah istilah untuk menggambarkan masalah tidur terkait stres akibat pandemi COVID-19," kata psikolog perilaku dan gangguan tidur Michelle Drerup, PsyD, melansir Cleveland Clinic.

Baca Juga: Kawan Puan Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Lakukan 3 Peregangan Ini

Tingkat stres meningkat selama pandemi karena berbagai alasan, termasuk kesepian, kesulitan ekonomi, perubahan pada pekerjaan dan sekolah, dan menghadirkan tantangan pengasuhan.   

Michelle menjelaskan, semua stres dan kurang tidur dapat memiliki dampak negatif yang besar pada kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Salah satu kekhawatiran yang khusus selama masa pandemi ini adalah efeknya pada sistem kekebalan tubuh.

"Ketika seseorang kurang tidur secara kronis, mereka cenderung menurunkan kekebalan dan itu membuat kerentanan kita terhadap virus lebih tinggi," kata Michelle.

Kurang tidur juga berdampak negatif pada perubahan emosi dan suasana hati.

Gangguan tidur kronis berpotensi menyebabkan masalah kardiovaskular dan metabolisme yang buruk, termasuk peningkatan risiko kenaikan berat badan, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Cara Mengurangi Potensi Coronasomnia

Michelle menyarankan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres selama pandemi Covid-19.

Beberapa contoh tipsnya ialah mengatur waktu layar sebelum tidur, makan yang bernutrisi, dan banyak olahraga. Nah, selain itu, ini beberapa tips mengatasi Coronasomnia. Yuk, simak!