Find Us On Social Media :

Ketahui Perbedaan TOEFL dan IELTS Ini jika Ingin Kuliah di Luar Negeri

By Arintha Widya, Kamis, 23 September 2021 | 14:45 WIB

Perbedaan TOEFL dengan IELTS.

Parapuan.co - Apakah Kawan Puan salah satu yang bermimpi dan punya keinginan untuk melanjutkan pendidikan atau kuliah di luar negeri?

Tentu kamu tahu bahwa salah satu syarat utama untuk bisa kuliah di luar negeri ialah sertifikat kelulusan TOEFL atau IELTS. Namun, apakah kamu tahu perbedaan TOEFL dan IELTS?

Pasalnya, sebagian orang bingung memilih antara mengikuti kursus dan tes TOEFL atau IELTS karena tidak tahu perbedaan keduanya.

Rupanya, belum lama ini, seorang pengguna media sosial Twitter memberikan testimoni perbedaan di antara keduanya yang lebih mudah untuk kamu pahami.

Pengguna dengan akun @bagusprnata tersebut menyinggung pula tes manakah yang paling sesuai kebutuhan atau tujuanmu, apakah TOEFL atau IELTS.

Penasaran seperti apa? Berikut uraian dari utas akun Twitter @bagusprnata yang sudah di-retweet sebanyak lebih dari 1.500 kali dan disukai lebih dari 6.600 orang!

Baca Juga: Simak! Begini Cara Vaksinasi di Luar Negeri untuk WNI, Apa Saja?

1. Fungsi

Dari segi fungsi, IELTS merupakan jenis sertifikasi bahasa Inggris yang berskala internasional.

Oleh karenanya, tes IELTS bisa dipakai untuk keperluan akademik atau kepentingan umum lain seperti berganti kewarganegaraan, kerja, maupun liburan ke luar negeri.

Sementara untuk TOEFL, fungsinya bisa berbeda-beda bergantung pada tipenya.

Misalnya untuk keperluan berskala internasional seperti IELTS, yang dipakai adalah TOEFL iBT.

Untuk TOEFL Prediction, biasanya hanya berskala lokal dan terbatas, serta dapat dipakai buat keperluan mendaftar CPNS.

Lalu untuk TOEFL ITP, skalanya nasional untuk keperluan akademik mendaftar di kampus dalam negeri, semisal mendaftar beasiswa LPDP.