Find Us On Social Media :

Trauma Hubungan Masa Lalu, Ini Tanda dan Penyebab Fobia Komitmen

By Ericha Fernanda, Selasa, 28 September 2021 | 16:25 WIB

Alasan seseorang mempunyai masalah komitmen

Parapuan.co - Memulai komitmen dengan seseorang untuk jangka waktu panjang, memang membutuhkan perenungan dan pertimbangan yang matang. 

Tak sedikit orang yang ragu untuk memulai, bahkan cemas dan takut untuk berkomitmen. Kondisi ini disebut dengan fobia komitmen. 

Fobia komitmen terjadi ketika seseorang merasa sulit untuk mendedikasikan diri pada tujuan jangka panjang dalam suatu hubungan atau hubungan itu sendiri.

Kondisi ini tak cuma terjadi pada seseorang yang baru akan memulai hubungan kencan, tapi juga mereka yang sudah ada dalam hubungan intim.

Bagi mereka yang menjalin hubungan, masalah komitmen mungkin terlihat seperti pasangan yang menolak kesempatan untuk beralih ke status yang lebih tinggi dalam hubungan.

Baca Juga: 7 Kunci Pernikahan yang Bahagia dan Langgeng hingga Hari Tua

Tanda-Tanda Fobia Komitmen

Melansir Mindbodygreen, masalah komitmen bisa menjadi kompleks dan rumit, akan tetapi kamu tetap bisa mengenalinya melalui tanda-tanda dalam dirimu sendiri atau orang lain, meliputi:

Meskipun masalah komitmen bisa menjadi kompleks, berikut adalah beberapa tanda untuk membantu Anda mengenalinya dalam diri Anda atau orang lain: