Find Us On Social Media :

Lidah Pedih Karena Terbakar Makanan Panas? Atasi Pakai 6 Cara Ini

By Ericha Fernanda, Rabu, 6 Oktober 2021 | 15:15 WIB

Cara meredakan lidah terbakar

Parapuan.co - Mulai masuk ke musim penghujan, beberapa daerah akan mengalami udara dingin yang menusuk. 

Di cuaca yang dingin dan tidak menentu ini, nikmat sekali jika kita mengonsumsi cokelat panas, mie kuah, sup, atau hot pot. 

Makanan di atas memang lebih nikmat dikonsumsi saat masih panas. Sayangnya, jika makanan tersebut dipaksa masuk ke mulut kita, lidah terbakar bisa jadi akibatnya. 

Perlu Kawan Puan ketahui juga bahwa konsumsi makanan panas secara tidak sengaja akan membuat lidah mati rasa sementara waktu. 

Hal ini disebabkan karena respon tubuh menjadi kaget hingga lidah akhirnya mati rasa sementara waktu dan area mulut, tidak hanya lidah tetapi juga bibir, akan terasa aneh. 

Baca Juga: Bisa Mematikan, Kenali Penyakit Pyometra pada Anjing dan Kucing

“Luka bakar mulut ringan biasanya tidak memerlukan perawatan,” kata dokter keluarga Matthew Goldman, seperti mengutip Cleveland Clinic.

Ia menambahkan, sebenarnya mulut manusia sensitif terhadap suhu ekstrem dan mudah terluka.

Hanya satu gigitan atau tegukan dapat membuatmu mengalami luka bakar tingkat pertama, atau kerusakan pada lapisan pertama kulit tersebut.

“Beberapa penyebab paling umum dari luka bakar mulut termasuk makanan panas dan cairan yang hampir mendidih,” jelas Matthew.

“Luka bakar di mulut juga bisa terjadi karena menghirup uap panas,” tambahnya.

Matthew merekomendasikan beberapa cara untuk mengatasi atau pertolongan pertama pada lidah dan mulut terbakar, meliputi: