Find Us On Social Media :

Kenali Lebih Dalam sebelum Memutuskan Menikah dengan Pasangan People Pleaser

By Dinia Adrianjara, Rabu, 24 November 2021 | 12:45 WIB

Ilustrasi pasangan

Parapuan.co - People pleaser adalah istilah untuk menggambarkan seorang yang selalu bersedia dan sulit menolak permintaan atau kepentingan orang lain.

Ini artinya seorang people pleaser kerap kali menomorduakan kepentingan sendiri, dan lebih mengutamakan kebahagiaan orang lain. 

Bukan tanpa sebab, seorang people pleaser biasanya bersikap seperti ini agar diterima oleh orang lain dan membuat orang di sekitarnya bahagia. 

People pleaser ini bisa ditemukan di berbagai lingkungan loh, Kawan Puan. Namun psikolog dari Evolution of the Self, Leon F Seltzer, menyebut sikap ini bisa berasal dari keluarga.

Pada anak misalnya, kerap merasa dicintai hanya jika bisa menyesuaikan diri dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan orang tua.

Kondisi ini pun bisa terbawa di lingkungannya bergaul, di lingkungan pekerjaan, maupun di dalam pernikahannya nanti.

Dari fenomena ini, PARAPUAN pun mengadakan survei perilaku people pleaser yang melibatkan 385 responden perempuan.

Dari pare responden tersebut yang sudah menikah dan punya anak, mengaku cenderung menjadi seorang people pleaser di lingkungan keluarga dan percintaan.

Hal ini kemungkinan karena bagi mereka yang sudah menikah dan memiliki anak, keluarga adalah prioritas dibanding lingkungan lain seperti pertemanan dan pekerjaan.

Baca Juga: Jangan Emosi saat Menghadapi Pasangan People Pleaser, Pakai 3 Cara Ini

Faktor Penyebab Seorang Menjadi People Pleaser

Ada lima penyebab utama seseorang menjadi people pleaser, menurut survei yang dilakukan PARAPUAN, di antaranya:

1. Menghindari konflik2. Takut menyakiti perasaan orang lain3. Sudah menjadi kebiasaan4. Merasa tidak enak atau sulit menolak5. Ingin berguna bagi orang lain