Find Us On Social Media :

Banyak Makan Sayur Baik untuk Kesehatan Mental, Ini Alasannya Menurut Studi

By Dinia Adrianjara, Sabtu, 15 Januari 2022 | 17:58 WIB

Banyak makan sayur ternyata bikin bahagia dan mengurangi gejala depresi.

Parapuan.co - Kawan Puan, apakah kamu tidak suka makan sayur?

Mulai sekarang lebih baik banyak mengonsumsi sayur karena selain baik untuk kesehatan, makan sayur juga bisa bikin bahagia lho.

Kok bisa?

Dalam studi yang diterbitkan Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics ditemukan bahwa mengonsumsi sayur bisa meningkatkan kesehatan mental.

"Sayuran mengandung banyak mikronutrien seperti seng, magnesium, folat dan zat besi yang sangat penting untuk fungsi mental yang optmial," kata Isa Kujawski, ahli nutrisi di Amerika Serikat.

Selain itu, sayuran juga mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang dikaitkan dengan depresi dan kecemasan.

Dalam studi tersebut, para peneliti ingin melihat apakah mereka dapat mendeteksi kaitan antara jumlah sayuran yang dikonsumsi dengan tingkat kebahagiaan atau kesejahteraan psikologis seseorang.

Setelah melakukan penelitian selama delapan minggu, didapatkan bahwa para responden menunjukkan peningkatan Subjective Happiness Scale (SHS) karena banyak mengonsumsi sayur.

"Tidak mengherankan bahwa makan lebih banyak sayuran dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

"Sayuran memberi tubuh kita banyak vitamin dan serat yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari," kata ahli diet dan pemilik Weight Neutral Wellness, Elizabeth Barnes.

Baca Juga: Hindari 3 Hal Ini Jika Tak Ingin Sayur Bayammu Berubah Jadi Racun