Find Us On Social Media :

Untuk Generasi Sandwich, Perhatikan 3 Hal Ini saat Membuat Rencana Keuangan

By Aghnia Hilya Nizarisda, Kamis, 20 Januari 2022 | 11:38 WIB

Ilustrasi generasi sandwich yang bahagia.

Parapuan.co - Generasi sandwich ialah seseorang yang harus menyokong keuangan dan kehidupan untuk generasi di bawahnya dan di atasnya.

Sederhananya, seseorang disebut generasi sandwich ialah ketika dia membiayai dirinya dan anak-anaknya lalu ditambah orang tuanya.

Seperti namanya, generasi sandwich berada dalam posisi terjepit dan diapit dari atas dan bawah.

Maka dari itu, seseorang yang menjadi generasi sandwich harus memiliki pengaturan keuangan yang baik agar bisa memenuhi setiap kebutuhan.

Langkah awal dan utama yang perlu dilakukan agar tak merasa terjebak dan terjepit ialah menguatkan fondasi keuangan keluarga sendiri.

Caranya ialah dengan rencana keuangan yang apik, dana darurat yang cukup, cash flow positif, memiliki tujuan investasi jangka panjang, dan tak bergantung pada satu pemasukan.

Selain itu, usahakan pula kamu dan keluarga tidak didominasi utang ataupun cicilan.

Melansir NOVA, Erlina Juwita, MM, CFP, QWP., senior consultant OneShildt Financial dan Founder Cerdas Keuangan, memberi saran untuk lakukan prinsip prudence.

Prinsip prudence artinya ialah kamu hidup sesuai dengan kapasitas dan kemampuan diri. Jangan berlebihan apalagi berutang demi memenuhi keinginan.

Baca Juga: Kamu Generasi Sandwich yang Ingin Raih Financial Freedom? Lakukan Ini!

Pasalnya, jika keuangan kamu sudah kuat dan stabil, maka kamu bisa menyokong dengan aman.

"Semakin kita memelihara kondisi keuangan kita dengan baik, semakin mapan, maka kita akan semakin bisa memberi lebih banyak kepada tanggungan-tanggungan kita," ujar Erlina.