Find Us On Social Media :

Pertimbangkan 4 Risiko Melakukan Bisnis di Metaverse Ini sebelum Memulainya

By Aghnia Hilya Nizarisda, Jumat, 21 Januari 2022 | 15:38 WIB

Metaverse jadi pilihan untuk berbisnis atau berinvestasi terkini.

Parapuan.co - Kehadiran Metaverse atau dunia virtual belakangan menarik perhatian dunia sebagai tempat berbisnis dan berinvestasi.

Namun, hal yang tak boleh kamu lupakan ialah peluang baru ini sekalipun menguntungkan juga memiliki risiko, termasuk risiko bisnis.

Pasalnya, meski bisnis di Metaverse tampak menggiurkan, kamu tetap perlu mempertimbangkan risiko bisnis yang mungkin di hadapi.

Melansir Kompas.com, istilah Metaverse merujuk pada suatu teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual.

Sederhananya, dunia Metaverse adalah simulasi dunia manusia yang ada di internet atau virtual.

Di samping itu, melansir XR Today, jika kamu ingin menjajal dunia virtual itu, risiko bisnis di Metaverse diprediksi akan berlaku di tahun-tahun awal hingga 2035.

Lantas, kali ini PARAPUAN telah merangkum apa saja risiko bisnis di Metaverse yang mungkin kamu hadapi dan bisa dijadikan pertimbangan.

1. Keterlibatan pengguna yang tidak dapat diprediksi

Meskipun metaverse dapat mendukung aplikasi 2D dan interaksi berbasis desktop, metaverse ini terutama akan ada di Virtual Reality (VR).

Baca Juga: Cuma Modal Rp1 Juta, Ini Tips dan Cara Bisa Memulai Bisnis ala CEO

Namun, pengiriman headset VR masih relatif rendah jika dibandingkan dengan total populasi dunia dan, lebih khusus lagi, jumlah pengguna media sosial.

Pengguna yang berbeda dapat bereaksi secara berbeda terhadap VR, tergantung pada preferensi pribadi dan kondisi kesehatan mereka.