Find Us On Social Media :

Ingin Bisnis Kamu Lebih Ramah Lingkungan? Ini 4 Cara Mewujudkannya!

By Aghnia Hilya Nizarisda, Rabu, 16 Maret 2022 | 21:38 WIB

Daur ulang adalah salah satu cara mewujudkan bisnis ramah lingkungan.

Parapuan.co - Memiliki bisnis ramah lingkungan kini menjadi keinginan yang diimpikan oleh sebagian pengusaha di Tanah Air.

Pasalnya, tidak sekadar impian, beberapa brand pun sudah mulai melakukan sederet langkah agar bisnis mereka lebih ramah lingkungan.

Masa pandemi ini memang membuat isu lingkungan menjadi salah satu perhatian dan generasi muda pun semakin peduli dengan hal ini.

Walaupun boleh jadi belum bisa nol sampah, sebagian pengusaha yang ingin wujudkan bisnis ramah lingkungan mulai mengurangi sampah, terutama sampah plastik.

Contoh cara yang dilakukan adalah memilih packaging ramah lingkungan oleh bisnis produk atau melakukan packing yang kurangi sampah.

Kali ini PARAPUAN pun telah merangkum 4 cara mewujudkan bisnis ramah lingkungan yang bisa kamu mulai lakukan, melansir Small Business Rainmaker.

1. Kurangi Konsumsi Energi

Ada banyak cara untuk mengurangi konsumsi energi di kantor dan tempat kerja lainnya. Ganti bola lampu pijar kamu dengan perlengkapan dan lampu LED.

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menyalakan kantor kamu menggunakan energi alternatif. Tenaga angin, matahari, dan panas bumi adalah pilihan yang layak.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Ini 5 Cara Packing Photocard Kpop Tanpa Bubble Wrap

Ketika energi angin dan matahari menjadi lebih mudah diakses, insentif energi hijau telah tersedia secara luas untuk bisnis dari semua ukuran.

Pebisnis dapat memilih membeli listrik dari sumber energi hijau dengan harga yang lebih murah, sehingga mengurangi dampak lingkungan sekaligus berpotensi menurunkan biaya operasional.