Find Us On Social Media :

Devi Sumarno, Pendiri Rumah Aman untuk Perempuan yang Alami Kehamilan Tidak Direncanakan

By Aulia Firafiroh, Minggu, 20 Maret 2022 | 19:39 WIB

Sosok Devi Sumarno

Parapuan.co- Saat ini banyak sekali perempuan yang mengalami kekerasan dalam pacaran, lalu mengalami kehamilan tidak diinginkan atau di luar nikah.

Tentu saja hal itu berdampak pada masalah demografi di Indonesia yang mengakibatkan meningkatnya angka kelahiran namun tidak dibarengi dengan meningkatnya kesejahteraan perempuan.

Melihat permasalahan tersebut, Devi Sumarno atau yang lebih dikenal dengan panggilan akrab Ci Devi, membangun rumah aman untuk para perempuan dengan permasalahan tersebut.

Rumah aman itu diberi nama Rumah RUTH yang merupakan akronim dari Rumah Tumbuh Harapan untuk perempuan korban kehamilan yang tidak diinginkan.

Seperti yang diketahui, banyak perempuan yang mengalami kejadian ini justru diusir dan diabaikan oleh orang-orang di sekitarnya termasuk keluarga.

Pengabaian yang dilakukan masyarakat justru tidak menyelesaikan permasalahan yang terjadi, tapi malah akan menambah masalah lain lagi.

Saat ini, Rumah Ruth yang berada di Bandung, diketahui telah menolong lebih dari 200 perempuan dengan kehamilan tidak diinginkan dan menyelamatkan sekitar 200 bayi dari percobaan aborsi.

Hal itu memang bukan suatu prestasi, tetapi Rumah RUTH mencoba membantu untuk mengatasi permasalahan demografi di Indonesia.

Lantas siapa sosok Devi Sumarno yang merupakan orang di balik berdirinya Rumah RUTH ini?

Baca juga: Aeshnina Azzahra, Pelajar 14 Tahun Asal Gresik yang Berpidato di Plastic Health Summit 2021

Mengutip dari wawancara Parapuan.co pada Selasa (30/11/2021) lalu, Ci Devi menceritakan pengalaman pertamanya membantu perempuan dengan kehamilan tidak diinginkan, yang tak lain dialami oleh temannya sendiri.

"Rumah RUTH didirikan berawal dari rasa empati saya kepada teman saya yang mengalami kehamilan di luar nikah 13 tahun lalu dan diusir oleh keluarganya tanpa bantuan keuangan," cerita Ci Devi.