Find Us On Social Media :

Cara Sukses di TikTok Shop pada Momen 9.9: Pahami Kebutuhan Audiens hingga Kolaborasi

By Nana Triana, Jumat, 28 Oktober 2022 | 19:34 WIB

Ilustrasi live stream di platform digital.

Parapuan.co – Penggemar belanja online selalu menantikan momen festival belanja yang biasanya digelar pada tanggal dan bulan kembar. Misalnya saja, festival belanja 7.7, 8.8, 9.9, dan 10.10. 

Pasalnya, pada momen tersebut banyak promo belanja online yang dapat diraih. Dulu, tradisi menjadikan tanggal dan bulan kembar sebagai momen memberikan promo belanja hanya dilakukan oleh platform e-commerce

Kini, sudah banyak platform digital yang memiliki fitur belanja atau shop. Tradisi tersebut pun “digemburkan” di platform digital dengan fitur tersebut. Kesuksesan festival belanja pada tanggal dan bulan kembar di platform digital pun tidak kalah apabila dibandingkan dengan platform e-commerce

Contohnya, kesuksesan TikTok dengan fitur TikTok Shop pada festival belanja online 9.9 yang berlangsung Jumat (9/9/2022). Dengan fitur Shoppable Livestream yang mumpuni, TikTok Shop memungkinkan kreator dan penonton berinteraksi selama sesi live yang mendorong terjadinya pembelian produk. 

Pada festival belanja TikTok Shop 9.9 Big Sale, TikTok Shop berhasil mencatat rekor baru dengan peningkatan gross merchandise value (GMV) sebesar 189 persen dibandingkan hari biasa. 

Baca Juga: Line Up TikTok For You Stage, Ada Girl Group MNL48 hingga PSY

Sebagai informasi, GMV adalah akumulasi nilai pembelian dari pengguna aplikasi. TikTok Shop berhasil meningkatkan GMV empat kali lipat dibanding hari biasa pada jam pertama festival belanja 9.9 dimulai. Pesanan produk melalui TikTok Shop meningkat sebesar 139 persen pada momen 9.9. 

Kesuksesan tersebut tak lepas dari kreativitas dan strategi yang diterapkan para kreator yang berpartisipasi pada momen 9.9 di TikTok Shop. Apa saja cara sukses jualan di TikTok Shop pada momen tersebut? 

1. Membuat TikTok LIVE yang interaktif dan solutif 

Salah satu kreator TikTok Shop, Nia dengan akun @niafitri1701, menyadari bahwa platform tersebut mengusung konsep shoppertainment. Dalam keterangan tertulis yang diterima Parapuan, Selasa (25/10/2022), kreator yang berjualan produk fesyen tersebut mengatakan, para pengguna TikTok Shop ingin mencari hiburan sekaligus berbelanja. 

Kesadaran tersebut membuatnya sukses meningkatkan GMV-nya berkali-kali lipat pada momen festival belanja 9.9. Ia membuat sesi live lebih interaktif dan menghibur sehingga penonton betah berlama-lama menonton sesi live

Tak hanya itu, sesi live yang interaktif membuat penonton merasa terhubung dengan kreator dan brand. Peluang mereka membeli produk jadi lebih besar.