Find Us On Social Media :

Kuasai Banyak Keterampilan dan Mudah Beradaptasi, Ini Kelebihan Menjadi Expert Generalist dalam Karier

By Dinia Adrianjara, Rabu, 16 November 2022 | 16:58 WIB

Parapuan.co - Seorang spesialis di bidang tertentu banyak dibutuhkan di dunia kerja karena memiliki keahlian khusus dan mendalam terhadao suatu bidang. 

Selain spesialis, ada juga istilah bagi seorang generalis, yang punya banyak pengetahuan mengenai berbagai hal.

Namun selain spesialis dan generalis, ada juga istilah tentang expert generalist atau ahli generalis?

Menguasai beragam pengetahuan dan keterampilan, membuat expert generalist banyak dibutuhkan, terutama di era yang butuh adaptasi cepat seperti sekarang ini.

Dilansir dari Culture Ampexpert generalist adalah seseorang yang punya kapasitas dan keinginan untuk menguasai dan mengumpulkan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu, industri, keterampilan dan bakat. 

Para ahli generalis ini cenderung lebih siap mendeteksi pola, menghubungkan titik-titik, dan berimprovisasi dalam berbagai keadaan karena pengetahuannya yang beragam.

Beberapa ahli juga berpendapat, expert generalist bisa sama bermanfaatnya dengan menjadi spesialis dalam satu bidang tertentu.

Banyak pemilik bisnis, penulis dan ilmuwan yang sukses dalam kariernya dengan menjadi seorang generalis dan memanfaatkan kekayaan pengetahuan untuk membangun karier mereka.

Sebut saja Steve Jobs yang memanfaatkan pemahamannya tentang desain, untuk menciptakan generasi baru perangkat komputasi.

Baca Juga: Generalis atau Spesialis yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja? Ini Kata Pakar

Atau seorang pekerja kantoran di bidang akuntansi, yang juga mampu menjadi seorang content creator untuk mendapatkan penghasilan tambahan.