Find Us On Social Media :

Perempuan Lebih Berisiko, Ketahui Faktor Risiko dan Gejala Mata Tiroid

By Maharani Kusuma Daruwati, Selasa, 7 Februari 2023 | 20:15 WIB

Kenali gejala mata tiroid salah satunya mata bengkak atau menonjol.

Parapuan.co - Pembahasan mata tiroid tak bisa dilepaskan dari gangguan tiroid; yaitu kondisi ketidaknormalan pada kelenjar tiroid (yang terletak di leher bagian depan bawah), baik berupa perubahan bentuk kelenjar maupun perubahan fungsinya (memproduksi hormon tiroid yang berlebihan/hipertiroid atau tidak mencukupi/hipotiroid).

Hormon tiroid sangat dibutuhkan untuk memastikan jaringan dan organ tubuh bekerja dengan baik, meregulasi tubuh dalam menggunakan energi, menjaga tubuh tetap hangat, serta menjaga otak, jantung, otot dan organ lain bekerja sebagaimana mestinya.

Karenanya, kelainan pada kelenjar tiroid, termasuk yang bersifat hormonal, bisa menyebabkan metabolisme tubuh terganggu.

Penyakit mata tiroid dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan mata.

Kondisi ini menyebabkan gejala yang mirip dengan apa yang mungkin terjadi pada mata jika menderita penyakit Graves, suatu kelainan autoimun.

Penyakit Graves dapat menyebabkan hipertiroidisme, yang berarti tubuh melepaskan terlalu banyak hormon tiroid.

Tiroid mata adalah gangguan mata yang menyebabkan peradangan atau pembengkakakan dan kerusakan pada jaringan di sekitar mata, termasuk otot, jaringan lemak dan jaringan ikat.

Penyakit mata tiroid ini merupakan kondisi autoimun atau yang terjadi karena sistem kekebalan pelindung menyerang tubuhmu.

Faktor Risiko Mata Tiroid

Baca Juga: Waspada Alami 5 Penyakit Berbahaya Ini Jika Terus Menerus Merasa Lelah Sepanjang Hari

dr. Alia Arianti, SpM., selaku Dokter Spesialis Mata Neuro-Oftalmologi JEC dan Ketua Layanan JEC Thyroid Eye Cent, mengungkapkan bahwa perempuan disebut lebih mungkin menderita mata tiroid, namun tidak menutup kemungkinan untuk diidap kaum laki-laki.