Find Us On Social Media :

Mengenal Spotlight Effect yang Membuat Seseorang Merasa Seperti Jadi Pusat Perhatian

By Arintha Widya, Rabu, 19 Juli 2023 | 21:00 WIB

Mengenal spotlight effect yang bikin kamu terasa menjadi pusat perhatian

Parapuan.co - Pernahkah kamu merasa sangat terpuruk hingga stres karena merasa presentasi di kantor tidak berjalan lancar dan semua orang membicarakanmu?

Di kondisi lain, kamu merasa semua orang menaruh perhatian dan tertarik padamu saat kamu berhasil menyampaikan presentasi dengan sangat baik?

Padahal, bisa jadi semua orang tidak terlalu mengambil pusing tentang presentasi yang kamu anggap kurang lancar atau tidak terlalu mengelu-elukan saat kamu berhasil presentasi dengan baik.

Bisa jadi, saat kamu merasa semua orang menaruh perhatian padamu di saat sedang baik maupun buruk adalah kamu merasakan spotlight effect.

Apa itu spotlight effect? Apa saja tandanya dan apa penyebabnya? Yuk, kupas tuntas seperti melansir dari Parapuan.co, berikut ini.

Pengertian Spotlight Effect

Spotlight effect adalah kecenderungan individu mengira bahwa perhatian orang lain terhadap dirinya jauh lebih besar daripada yang sebenarnya.

Dalam situasi sosial atau publik, kita merasa bahwa perbuatan, penampilan, atau kesalahan kecil kita diperhatikan oleh orang lain, walau sebenarnya tidak demikian.

Spotlight effect ialah situasi di mana kita membayangkan diri kita menjadi pusat sorotan dalam ruang sosial.

Baca Juga: Mencemaskan Ketidaksempurnaan, Ini Dia 7 Penyebab Insecure dan Cara Mengatasinya

Sementara pada kenyataannya, orang lain mungkin tidak terlalu memperhatikan sebagaimana yang kita bayangkan.

Contoh Umum Orang Mengalami Spotlight Effect