Find Us On Social Media :

Beda Cerita Gadis Kretek Versi Series Netflix dan Novel Ratih Kumala

By Rizka Rachmania, Minggu, 5 November 2023 | 12:40 WIB

Beda Gadis Kretek versi series Netflix dan novel Ratih Kumala.

Parapuan.co - Gadis Kretek adalah judul serial Netflix yang disutradarai Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, serta judul novel karya Ratih Kumala.

Gadis Kretek versi serial Netflix yang tayang November 2023 merupakan adaptasi dari novel Ratih Kumala yang rilis tahun 2012.

Meski versi serialnya adalah adaptasi novel, namun jalan cerita Gadis Kretek tidak sama persis. Ada beberapa perbedaan dalam alur cerita serial.

Perbedaan alur cerita versi serial dengan novel tersebut bukan berarti mengubah fokus penceritaan maupun keseluruhan cerita, namun jadi sebuah bentuk penyesuaian.

Ada baiknya jika Kawan Puan menonton Gadis Kretek versi serial di Netflix yang disutradarai Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, maupun versi novel karya Ratih Kumala.

Untuk yang belum menonton maupun membaca novelnya, artikel ini akan jadi sedikit spoiler tentang alur cerita.

Namun jika Kawan Puan tidak masalah dengan sedikit spoiler dari jalan cerita di serial dan novel, berikut perbedaan Gadis Kretek seperti melansir dari Parapuan.co.

1. Pertemuan Dasiyah dan Soeraja

Dasiyah (Dian Sastrowardoyo) dan Soeraja muda (Ario Bayu) dalam versi serial Netflix diceritakan bertemu di pasar, saat Soeraja berkelahi dan dikejar-kejar oleh orang. Dasiyah melihat Soeraja yang babak belur.

Baca Juga: Kamila Andini Pilih Nadin Amizah Jadi Penyanyi Lagu Tema Gadis Kretek, Ini Alasannya

Di sisi lain, dalam versi novel karangan Ratih Kumala, Dasiyah dan Soeraja bertemu saat laki-laki itu jadi kuli panggul di pasar, bukan tengah berkelahi.

Namun sejak pertemuan pertama mereka, Dasiyah dan Soeraja sudah saling menaruh pertahian pada satu sama lain.