Find Us On Social Media :

Pelaku Usaha Merasa Gampang Mengeluh? Begini Tips Mengatasinya ala Owner Kraosan

By Rizka Rachmania, Rabu, 6 Desember 2023 | 18:40 WIB

Tips pantang menyerah menjalankan ide usaha ala Tri Buana Desy Ariyanti pemilik bisnis Kraosan.

Parapuan.co - Tak dapat dimungkiri kalau saat menjalankan usaha, Kawan Puan pernah merasa ingin mengeluh dan menyerah.

Rasa ingin mengeluh ini sudah pasti pernah muncul, terlebih jika kamu mengalami masalah dalam pemesanan maupun saat memikirkan ide untuk mengembangkan usaha.

Makanya, sangat wajar sebenarnya jika pelaku usaha sekali-kali ingin mengeluh. Namun, jangan sampai keluhan itu jadi alasan untuk menyerah, ya.

Pasalnya, jika pelaku usaha mudah menyerah saat menghadapi tantangan, kapan bisnis yang dijalankan bisa maju dan berkembang?

Tri Buana Desy Ariyanti, pemilik bisnis Kraosan dari Magelang, Jawa Tengah yang produk utamanya anyaman bambu berbagi tips nih, untuk Kawan Puan.

Dalam sesi Instagram Live "Sharing Srikandi untuk Negeri: Bantu Sesama, Sukseskan Usaha", live di Instagram Cerita Parapuan, Jumat, (1/12/2023), Desy berbagi tips mengatasi rasa ingin mengeluh.

"Sebenarnya mengeluh itu nggak apa-apa, asal disertai dengan action (tindakan)," kata perempuan lulusan Monash University, Australia itu, seperti melansir dari Parapuan.co.

Desy mengakui kalau rasa ingin mengeluh itu wajar terjadi, dan mungkin bisa mengurangi ruwetnya kepala saat diungkapkan atau diekspresikan.

"Karena mungkin mengeluh itu ekspresi yang ketika dikeluarkan akan mengurangi betapa pusingnya di dalam kepala," tambahnya.

Baca Juga: Cerita Tri Buana Desy Berdayakan Perempuan Perajin Bambu Lewat Bisnis Kraosan

Akan tetapi, Desy menegaskan bahwa pelaku ide usaha harus bisa melihat masalah yang tengah terjadi agar bisa mencari solusi.

Pasalnya jika hanya mengeluh, hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah yang terjadi dalam bisnis.