Find Us On Social Media :

Apa Itu Capsule Wardrobe yang Bisa Atasi Masalah Limbah Pakaian?

By Tim Parapuan, Kamis, 21 Desember 2023 | 17:25 WIB

Apa itu capsule wardrobe?

 

Parapuan.co - Memiliki banyak pakaian di lemari bukan berarti akan memudahkanmu dalam mencari baju untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasalnya, terlalu banyak pakaian di lemari justru akan membuat kita lebih kewalahan dalam memilihnya. 

Maka dari itu, untuk mengatasinya bisa coba menerapkan capsule wardrobe di rumah. Apa itu capsule wardrobe?

Melansir dari PARAPUAN, capsule wardrobe atau lemari kapsul merupakan koleksi pakaian terkurasi. Biasanya terdiri dari 30 sampai 50 helai pakaian versatile dan timeless yang menjadi favoritmu.

Capsule wardrobe terdiri dari koleksi atasan, bawahan, dress, outerwear, sepatu, dan aksesori yang dapat dengan mudah dipadukan.

Menciptakan lemari yang berisi fashion item esensial dan timeless ini berarti kamu memiliki lebih sedikit pakaian trendy yang hanya akan dipakai pada musim tertentu.

Alih-alih fokus pada tren pakaian terkini, Kawan Puan bisa lebih fokus dengan kualitas pakaian yang bisa dipakai selama bertahun-tahun.

Mengurasi pakaian di lemari dan memisahkan fashion item esensial yang menjadi favoritmu juga akan mempermudah kamu dalam memilih pakaian ketika harus keluar rumah.

Lebih dari itu, ketika kamu berbelanja pakaian dengan pola pikir atau pendekatan capsule wardrobe ini, Kawan Puan dapat terhindar dari perilaku konsumtif dan ramah lingkungan. 

Baca Juga: Viral di TikTok, Ini 5 Model Baju yang Cocok untuk Tubuh Gemuk

Pasalnya, kamu bisa memastikan semua pakaian yang dibeli dan akan digantung di lemari bisa terus dipakai, setidaknya sampai dua hingga tiga tahun ke depan.

Bahkan, cara ini juga bisa membantu mengatasi penumpukan limbah pakaian dampak dari perputaran tren fashion yang terlalu cepat, karena Kawan Puan lebih fokus pada outfit yang timeless.