Find Us On Social Media :

Cari Kerja di Jakarta Pasca Lebaran, Ini 10 Keterampilan yang Perlu Dikuasai

By Rizka Rachmania, Minggu, 14 April 2024 | 18:40 WIB

Keterampilan yang wajib diketahui oleh pelamar kerja yang mau cari kerja di Jakarta usai Lebaran 2024.

Parapuan.co - Lebaran sudah berlalu, apakah Kawan Puan berencana mencari kerja di Jakarta? Biasanya saat arus balik usai Lebaran, banyak orang mencoba peruntungan dengan mencari kerja di Jakarta.

Namun, kamu harus membekali diri dengan beragam keterampilan yang sedang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja sekarang ini agar bisa mendapat pekerjaan impian.

Jika tidak, maka kamu akan kesulitan mencari kerja di Jakarta, karena persaingan antar pelamar kerja lain tinggi, belum lagi adanya artificial intelligence (AI) yang bisa menggantikan pekerjaan manusia.

Melansir dari Antara News, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono sudah mewanti-wanti para pemudik tidak mengajak serta keluarga ke Jakarta.

Joko mengimbau pemudik agar tidak mengajak sanak saudara atau tetangga kampung halamannya ke Jakarta tanpa bekal keahlian yang memadai.

"Pada keselamatan ini saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mudik, saat kembali nanti agar tidak mengajak sanak keluarga atau tetangga untuk mengadu nasib di Jakarta tanpa memiliki kemampuan kerja dan persiapan yang memadai," ucapnya.

Dirinya menyebut jika masyarakat perantau datang ke Jakarta tanpa kemampuan dan persiapan kerja yang memadai, maka akan berisiko mengalami berbagai kesulitan.

Pasalnya, akses pekerjaan di Jakarta tidak mudah dan gampang, apalagi kalau tanpa bekal keterampilan.

"Pertimbangan risiko yang akan mereka hadapi seperti kesulitan memenuhi persyaratan administrasi pendudukan, akses terhadap pekerjaan, serta menemukan tempat tinggal layak dan tetap," lanjutnya.

Baca Juga: Kuasai Banyak Keterampilan dan Mudah Beradaptasi, Ini Kelebihan Menjadi Expert Generalist dalam Karier

Namun, Kawan Puan jangan khawatir atau langsung menyerah kalau punya impian bekerja di Jakarta. Ada beberapa keterampilan yang bisa kamu pelajari dan kuasai.

Melansir dari Parapuan.co, LinkedIn Learning pada awal Februari 2024 meluncurkan data berjudul "The Most In-Demand Skills for 2024" yang diulas oleh Global Head of Content Strategy LinkedIn Learning Dan Brodnitz.