Parapuan - Industri STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) memang masih membutuhkan peran perempuan.
Sebab, mengutip jurnalperempuan.org, di mana Bank Dunia melaporkan jumlah perempuan dalam STEM terus-menerus menurun dari sekolah menengah sampai dengan universitas, kemudian diteruskan dalam pekerjaan di laboratorium, pengajaran dan pengambil kebijakan riset dan teknologi.
Ini disebabkan oleh rendahnya perempuan dalam pengambil kebijakan dan keputusan yang menyangkut riset teknologi di negara masing-masing.
Baca Juga: Dian Fiona Hadirkan Label Jeans yang Mengusung Body Inclusivity
Kepemimpinan perempuan amat rendah dalam penggunaan energi, adaptasi perubahan iklim, dan produksi ekonomi.
Dan yang lebih menyedihkan UN Women melaporkan hanya 5% perempuan saja yang menjadi anggota dari akademi nasional dalam disiplin sains teknologi lo.
Padahal, mengutip dari laman resmi International Labour Organization (ILO), Michiko Miyamoto, Direktur ILO untuk Indonesia menyatakan bahwa bidang teknologi memainkan peran penting dalam mencapai pekerjaan yang layak dan kesetaraan gender.
Di mana perempuan yang terjun di industri teknologi ini akan menjadi teladan bagi perempuan lainnya untuk bergabung.
Salah satu perempuan tersebut adalah Farrah Nurul Fatimah yang terjun ke bidang teknologi.
Sebagai talenta digital perempuan Indonesia, Farrah mengungkapkan bahwa gender bukanlah penghalang untuk terus berkarya dan memaksimalkan potensi diri di berbagai bidang.
Menurutnya kunci yang paling penting yakni punya kemauan dan kemampuan.
Berkat kegigihannya, saat ini Farrah merupakan Product Design Lead di Tokopedia.
Baca Juga: Masuk Kedalam Forbes 30 Under 30, Inilah Sosok Maudy Ayunda
Melalui karyanya, kini ia menjadi salah satu perempuan pemimpin yang mendorong lahirnya berbagai inovasi di Tokopedia untuk mempermudah kehidupan masyarakat.
Di antaranya pembayaran pulsa, tagihan listrik dan sebagainya.
Berkat terobosan ini, banyak masyarakat yang terbantu dalam memenuhi kebutuhan produk digital.
Wah jika dilihat secara sekilas, Farrah ini seperti Kartini masa kini, yang mempermudah kehidupan banyak orang, ya, Kawan Puan.
Selain itu, Farrah bersama Product Design Lead Tokopedia lainnya memimpin ratusan Nakama (karyawan Tokopedia) untuk mengembangkan berbagai produk di website maupun aplikasi.
Inovasi yang dikembangkan termasuk fitur inbox, chat, notifikasi, halaman bantuan atau pusat resolusi hingga layanan streaming, Tokopedia Play.
“Dalam menciptakan atau mengembangkan inovasi, kami terus memikirkan kebutuhan pengguna, termasuk visual dan interaksinya. Tentu juga dengan mengedepankan 3 DNA Tokopedia, yaitu Focus on Consumer, Growth Mindset dan Make it Happen, Make it Better," ujar Farrah pada siaran pers yang diterima PARAPUAN Rabu (21/4/2021).
Baca Juga: Kisah Seorang Pelaku UMKM dalam Memberdayakan Perempuan Disekitarnya
Farrah turut mengungkapkan bahwa tempat ia mengabdi ini mendorong karyawannya untuk terus berkembang, tak peduli perempuan atau laki-laki.
Hal inilah yang menjadikan salah satu alasan Farrah berada di titik ini.
Wah sungguh keren ya, Kawan Puan, yuk kita contoh semangat Farrah yang memiliki kemauan besar untuk terus belajar dan berkarya.
Tak lupa juga karya yang dibuat bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, namun untuk kehidupan manusia lainnya(*)
Source | : | Press Release,ilo.org,Jurnal Perempuan |
Penulis | : | Anna Maria Anggita |
Editor | : | Tentry Yudvi Dian Utami |
KOMENTAR