Parapuan.co - Sebagai pelamar kerja, interview adalah momen penting yang harus kamu persiapkan dengan matang.
Ada berbagai hal yang perlu kamu siapakan dan lakukan agar wawancara dapat berjalan dengan lancar.
Selain itu, kamu juga harus menghindari berbagai kesalahan yang akan membuatmu terlihat buruk di mata perekrut.
Melansir dari The Ladder, berikut ini adalah kesalahan yang sering para pelamar lakukan saat melakukan wawancara kerja yang patut kamu hindari.
1. Berpakaian Kurang Professional
Kawan Puan, saat kamu menghadiri sebuah wawancara kerja, selalu pastikan untuk hadir dengan pakaian rapi dan bersih.
Muncul dengan pakaian kusut atau belum disetrika dapat memberikan kesan yang kurang baik kepada para perekrut.
Selain itu, meski budaya kerja perusahaan memperbolehkan karyawannya untuk berpakaian kasual, kamu tetap harus memakai pakaian formal saat interview kerja yah.
Baca Juga: Mengenal Sistem Amplop Uang Tunai, Cara Sederhana Menghemat Uang
2. Memberikan Jawaban yang Bertele-tele
Kesalahan yang selanjutnya adalah memberikan jawaban panjang dan bertele-tele saat ditanya oleh pewawancara.
Daripada memberikan jawaban panjang, lebih baik beri tanggapan yang ringkas dan relevan saat menjawab pertanyaan.
Ingat, lebih baik memberi tanggapan atau jawaban sedikit tapi berkualitas daripada bertele-tele namun tanpa inti yang jelas.
3. Datang Terlambat
Kawan Puan, saat kamu akan melakukan wawancara kerja, pastikan untuk selalu datang tepat waktu dan jangan terlambat.
Sangat besar kemungkinan pihak perekrut memiliki jadwal padat untuk wawancara kerja dengan pelamar lainnya secara berurutan.
Selain itu, datang terlambat juga akan membuat citramu buruk dan dinilai tidak disiplin.
Maka dari itu, lebih baik datang lebih awal dari pada terlambat.
Baca Juga: Ingin Tinggal Sendiri? Ini Pertimbangan Pilih Kontrak atau Cicil Rumah
Untuk wawancara yang dilakukan secara langsung (offline), pastikan mencari terlebih dahulu waktu yang kamu butuhkan untuk sampai ke lokasi wawancara.
Perhitungkan keadaan lalu lintas dan tiba setidaknya 15 menit lebih awal dari jadwal wawancara.
Jika wawancara dilakukan secara online, maka kamu harus mempersiapkan diri beberapa jam sebelum pertemuan online dilakukan, seperti yang dilansir dari Thebalancecareers.
Hal ini wajib kamu lakukan untuk mengantisipasi adanya gangguan teknis yang mungkin terjadi sebelum kamu memulai wawancara.
Kamu juga bisa bergabung dengan panggilan video conference beberapa menit lebih awal dari pewawancara.
Baca Juga: Agar Mudah Menyesuaikan Diri, Coba Lakukan 5 Perubahan Ini dalam Hidupmu Ketika Masuk Usia 30-an
4. Memeriksa Ponsel
Kawan Puan, memeriksa ponsel selama proses wawancara kerja juga harus kamu hindari.
Hal itu akan memberikan kesan bahwa kamu tidak sepenuhnya fokus atau tertarik dengan wawancara yang sedang berlangsung.
Selain itu, hindari juga melihat jam terlalu sering, karena hal ini juga memberikan kesan serupa saat kamu memeriksa ponsel.
5. Menyembunyikan Kebenaran
Saat melakukan wawancara, bukan tidak mungkin perekrut akan menanyakan beberapa hal mengenai riwayat pekerjaan sebelumnya.
Saat kamu ditanya mengenai hal tersebut, sebaiknya jawab dengan jujur dan jangan melebih-lebihkan fakta yang ada.
Jawab dengan jujur lama waktu kamu bekerja serta posisi yang pernah kamu tempati.
Sebab, melakukan validasi data pelamar bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan oleh perekrut.
Baca Juga: Catat! Kamu akan Perlu 3 Support System Ini jika Ingin Memulai Bisnis
6. Menjelek-jelekkan Tempat Kerja yang Sebelumnya
Kesalahan yang wajib kamu hindari selajutnya adalah menjelek-jelekan atau mengeluhkan tempat kerja sebelumnya.
Hindari berbicara buruk mengenai perusahaan sebelumnya, lebih baik berikan jawaban yang positif meski hubungan dengan tempat kerja terdahulu kurang baik.
7. Kurang Persiapan
Kawan Puan, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui seluk-beluk perusahaan tempatmu melamar pekerjaan sebelum melakukan wawancara.
Muncul tanpa adanya persiapan yang matang hanya akan membuatmu terlihat bodoh dan kurang serius dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.
Baca Juga: Ibu Tunggal Bisa Punya Work-Life Balance Jika Ikuti 8 Tips Ini
8. Lupa Berterima Kasih
Kawan Puan, jangan pernah lupa untuk selalu mengucapkan kata terima kasih kepada para pewawancara setelah interview kerja selesai.
Ungkapan terima kasih yang kamu katakan memberi kesan bahwa kamu menghargai waktu mereka dan kesempatan wawancara yang telah diberikan.
Nah, Kawan Puan, hindari berbagai kesalahan di atas jika kamu mau memberikan kesan yang baik selama interview. (*)
Source | : | The Balance Careers,The Ladders |
Penulis | : | Vregina Voneria Palis |
Editor | : | Tentry Yudvi Dian Utami |
KOMENTAR